Jadi Pengganti Park Hang-seo, Misi Philippe Troussier Loloskan Vietnam ke Piala Dunia 2026

"Pelatih ini dikalahkan Ivan Kolev di Piala Asia 2004, Masih ingat?"

Biografi | 28 February 2023, 01:58
Jadi Pengganti Park Hang-seo, Misi Philippe Troussier Loloskan Vietnam ke Piala Dunia 2026

Libero.id - Asosiasi Sepakbola Vietnam (VFF) akhirnya kedatangan pelatih tim nasional yang baru pengganti Park Hang-seo. Dia adalah Philippe Troussier. Pelatih asal Prancis dengan segudang pengalaman itu mendapatkan tugas ambisius membawa The Golden Star ke Piala Dunia 2026. Mungkinkah?

Diikat kontrak 3,5 tahun terhitung dari 1 Maret 2023 hingga 31 Juli 2026 atau setelah berakhirnya Piala Dunia 2026, Philippe Troussier bukan nama baru di sepakbola Vietnam. Dia pernah menjadi pelatih Vietnam U-19.

Philippe Troussier  juga sempat menjadi Direktur teknik di PVF Academy. Itu adalah akademi sepakbola nasional milik VFF yang diakui Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sebagai salah satu yang terbaik di Asia selain Aspire Academy (Qatar) dan Jeonbuk Hyundai Football Academy (Korea Selatan).

"Saya sangat senang bisa kembali ke Vietnam. Ini adalah negara yang telah saya kenal sebelumnya, dan tentu saja saya mencintai negara ini. Saya bangga menjadi pelatih kepala Vietnam," ujar Philippe Troussier, dilansir VN Express.

Tugas pertama Philippe Troussier adalah melatih Vietnam U-22 dengan target mencapai final SEA Games 2023 di Kamboja. Berikutnya, dia akan memimpin Vietnam di Piala AFF 2024. Terakhir, dia memikul beban berat membawa Vietnam mendapat 1 dari 48 tiket Piala Dunia 2026.

"Ini adalah kehormatan besar. Saya memiliki banyak tugas di masa depan dan sekarang saya siap untuk itu. Saya merasa penuh energi selama ini. Terima kasih semuanya," tambah Philippe Troussier.

Philippe Troussier tidak sendiri. Pelatih yang sukses di sepakbola Afrika dan mendapatkan jukukan "Dukun Putih" itu membawa serta dua asisten pelatih yang juga berasal dari Prancis. Mereka adalah pelatih kebugaran Cedric Roger dan Moulay Azzeggouarh.

Meski punya reputasi dunia, Philippe Troussier juga cukup akrab dengan timnas Indonesia. Pada Piala Asia 2004, dia menukangi Qatar. Pada turnamen di China itu, Qatar dan Indonesia berjumpa di fase grup. Hasilnya, skuad asuhan Ivan Kolev ketika itu mengalahkan Qatar yang lebih diunggulkan.

Buntut dari kekalahan itu membuat Asosiasi Sepakbola Qatar (QFA) mengambil sikap memberhentikan Philippe Troussier di tengah jalan. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network