Belum Sebulan jadi Ketua Umum PSSI, 2 Janji Kampanye Erick Thohir ini Sudah Diingkari

"Makannya, jangan kebanyakan janji.."

Viral | 05 March 2023, 13:02
Belum Sebulan jadi Ketua Umum PSSI, 2 Janji Kampanye Erick Thohir ini Sudah Diingkari

Libero.id - Untuk kedua kalinya dalam waktu kurang sebulan, PSSI yang baru pimpinan Erick Thohir mengingkari janji kampanyenya. Setelah gagal merealisasikan VAR di Liga 1, rezim baru PSSI juga mengambil keputusan tidak melanjutkan Liga 2 dan Liga 3 plus tidak ada degradasi Liga 1. Ini sama seperti pengurus sebelumnya.

PSSI baru saja menggelar sarasehan sepakbola dengan klub Liga 1 dan Liga 2, Hasilnya, telah disepakati beberapa hal penting. Bukan hanya di Liga 1, melainkan juga Liga 2.

Untuk Liga 2, seluruh peserta sarasehan sepakat utuk menatap Liga 2 ke depan. Maksudnya, apa yang diputuskan Komite Eksekutif (Exco) PSSI pimpinan Mochamad Iriawan akan dilanjutkan. Kompetisi kasta kedua dan ketiga akan berhenti total dan kompetisi kasta tertinggi tanpa degradasi.

Seperti dilansir di situs resmi PSSI, dalam sarasehan itu muncul sejumlah keputusan. Pertama, klub Liga 2 sepakat untuk menatap kompetisi ke depan. Kedua, tim kerja telah dibentuk untuk melakukan kajian terkait operator di Liga 2.

Ketiga, klub Liga 2 memberikan apresiasi bahwa objektif dari perubahan kalender kompetisi adalah untuk peningkatan nilai komersial. Hal itu akan menyehatkan finansial klub Liga 2 secara menyeluruh ke depannya.

Keempat, musim Liga 2 2023/2024 akan dimulai pada November 2023 hingga Juni 2024. Lalu, untuk mengisi kekosongan itu digelar turnamen mini pada Juli-September 2023.

"Untuk Liga 2 akan dimulai pada November 2023 dan akan berakhir pada Juni 2024. Nah, untuk mengisi kekosongan, hingga kick-off November akan ada turnamen mini," ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria, di situs resmi PSSI.

Ini artinya, janji untuk melanjutkan Liga 2 dan Liga 3 seperti yang selalu diungkapkan Erick Thohir tidak dipenuhi. Sebelumnya, Erick Thohir juga sudah meminta maaf karena tidak bisa menerapkan VAR untuk kompetisi musim ini. Dia juga tidak tahu kapan VAR akan digunakan.

Langkah mengesampingkan VAR membuat Liga Indonesia tertinggal dua langkah dari liga-liga negara tetangga. Thai League 1 misalnya, sudah memulai VAR musim lalu. Kemudian, Liga Premier Singapura pada musim 2023. Yang terbaru, V.League 1 akan menggunakan VAR musim 2023/2024. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network