Pemain Timnas Kenya yang Harus Diwaspadai Indonesia di Laga FIFA Matchday, Siapa Saja?

"Harus banyak-banyak menggelar laga persahabatan dengan negara kuat."

Biografi | 10 March 2023, 09:57
Pemain Timnas Kenya yang Harus Diwaspadai Indonesia di Laga FIFA Matchday, Siapa Saja?

Libero.id - Timnas Indonesiadikabarkan akan melawan dua negara Afrika dalam FIFA Matchday Maret 2023. Skuad Garuda  bakal beruji coba dengan Burundi dan Kenya.

Akun Twitter pemerhati sepak bola Burundi, @257Foot mengabarkan bahwa Burundi juga akan menghadapi Kenya di Indonesia dalam FIFA Matchday Maret 2023.

FIFA menjadwalkan FIFA Matchday terdekat pada 20-28 Maret 2023 dengan setiap negara diperbolehkan untuk bertanding dua kali dalam periode tersebut.

Di sisi lain Indra Sjafri sendiri belum bisa berbicara banyak terkait lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday karena masih diatur oleh bagian hubungan internasional PSSI.

"Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, pertandingan uji coba Timnas Indonesia sedang diproses oleh PSSI pada bagian hubungan internasional," imbuh Indra Sjafri.

"FIFA Matchday tidak hanya untuk ranking, tapi bagaimna bisa meningkatkan kualitas tim," lanjut mantan pelatih timnas U-19 tersebut.

Meski masih spekulasi, Skuad asuhan Shin Tae-yong sendiri harus mewaspadai timnas Kenya, terutama 4 pemain yang bisa menjadi momok menakutkan untuk lini belakang, siapa saja mereka? berikut ulasannya:

Michael Olunga

Pemain pertama adalah Michael Olunga. Saat ini ia bermain untuk Al Duhail, klub Qatar, namun soal pengalaman, striker berusia 28 tahun ini tidak bisa disepelakan.

Olunga pernah merasakan rumput La Liga, tepatnya ketika ia berseragam Girona. Klub Eropa pertamanya adalah raksasa Swedia, Djurgarden.

Setahun membela Djurgarden, Olunga diboyong klub China, GZ H. Zhicheng dengan nominal cukup besar, yakni 3,4 juta euro. Pada 2017, barulah Girona meminjamnya selama hampir satu tahun.

Angin membawa kakinya menuju beberapa klub Asia. Olunga saat ini menjadi senjata utama Al Duhail, di mana dari 14 penampilan, dirinya sukses mencatatkan 11 gol dan dua assist.

Erick Otieno dan Joseph Okumu

Selain di lini depan, Kenya juga memiliki dua bek tangguh, yakni Erick Otieno dan Joseph Okumu. Keduanya bermain untuk tim Eropa.

Otieno saat ini membela AIK Solna di Swedia. Sementara Okumu bermain untuk raksasa Liga Belgia, KAA Gent.

Bisa dibilang, Okumu adalah bintang utama Kenya selain Olunga. Bek berusia 25 tahun itu adalah langganan tim inti, di mana berkat penampilan ciamiknya di 36 laga, KAA Gent dibawanya bersaing di lima besar bersama KRC Genk, Union Saint-Gilloise, Royal Antwerp, dan Club Brugge.

Richard Odada

Odada adalah rising star Kenya. Bakatnya sudah terendus tim pencetak pesepak bola andal, Red Star Belgrade sejak usia 18 tahun. Dua tahun di tim U-18, Odada akhirnya menembus skuat utama.

Ia sempat dipinjamkan ke beberapa tim Serbia lainnya, seperti Graficar dan Metalac. Agustus tahun lalu, tim MLS, Philadelphia Union memboyongnya dari Red Star.

Berposisi sebagai gelandang bertahan, Odada memiliki kemiripan gaya bermain seperti Edouard Camavinga. Ia cepat dan piawai mengalirkan bola.

Odada akan jadi lawan tangguh buat Marc Klok jika Kenya berhadapan dengan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday nanti.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network