Timnas U-22 Bingung Kumpulkan Pemain, Thailand dan Vietnam Ikut Turnamen di Qatar

"Sepertinya timnas U-22 dipersiapkan dengan ala kadarnya.."

Analisis | 11 March 2023, 01:57
Timnas U-22 Bingung Kumpulkan Pemain, Thailand dan Vietnam Ikut Turnamen di Qatar

Libero.id - Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri harus bekerja keras untuk mencari lawan uji coba berkualitas sebelum SEA Games 2023 digelar di Kamboja. Pasalnya, rival-rival Garuda Muda lainnya bakal ikut turnamen bergengsi dengan lawan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Setelah Singapura U-22 dan Malaysia U-22 menjalani Piala Merlion 2023 di Stadion Jalan Besar, kini giliran Thailand U-22 dan Vietnam U-22. Keduanya diundang Qatar untuk tampil di sebuah turnamen U-23 bertajuk Doha Cup 2023.

Turnamen itu akan berlangsung di sejumlah vanue Piala Dunia 2022 pada 20-28 Maret 2023 dengan total delapan negara berpartisipasi. Selain dua negara ASEAN rival Indonesia, turnamen ini bakal diikuti Irak, Arab Saudi, Uzbekistan, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab (UEA). Semuanya tim U-22 atau U-23.

Khusus untuk Vietnam, Dubai Cup 2023 akan menjadi turnamen pertama untuk Philippe Troussier sejak menggantikan Park Hang-seo.

Turnamen tersebut akan menggunakan sistem grup. Delapan tim diundi untuk menentukan lawannya masing-masing. Kemudian, sistem gugur akan dimulai dari babak perempat final. Tim yang menang di fase itu akan langsung lolos ke semifinal dan seterusnya.

Menurut laporan Zingnews, Vietnam akan menghadapi Irak dan UEA di dua laga pertama. Tidak ada target yang dibebankan, selain mengasah kemampuan pemain jelang SEA Games 2023 di Kamboja.

Apa yang dikerjakan Vietnam, Thailand, Singapura, dan Malaysia tentu saja bagus. Ini juga berbeda dengan Indonesia yang masih dalam tahap meramu skuad. Indra Sjafri sebagai pelatih timnas U-20 baru menyeleksi pemain-pemain dari Liga 2 dan anggota Liga 1 yang jadi cadangan di klub.

Indra Sjafri juga sibuk membujuk pemain abroad untuk ikut berpartisipasi. Begitu pula klub-klub Liga 1 agar mengizinkan pemain utama bergabung. Sayang, sejauh ini hasilnya masih negatif.

Timnas U-22 juga kesulitan mencari lawan uji coba yang berkualitas dengan tim luar negeri. Ini menimbulkan kesan bahwa timnas U-22 dipersiapkan dengan sangat tidak serius.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network