Profil Kenya, Timnas Afrika yang Tolak Indonesia karena Peringkat FIFA Rendah

"Sehebat apa mereka sampai berani tolak Indonesia?"

Biografi | 11 March 2023, 03:24
Profil Kenya, Timnas Afrika yang Tolak Indonesia karena Peringkat FIFA Rendah

Libero.id - Lawan timnas Indonesia di FIFA Matchday edisi Maret 2023 kembali menjadi tanda tanya. Sempat ada dua negara anggota Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) yang bakal beruji coba dengan timnas Garuda. Tapi, ternyata hanya Burundi yang bersedia. Kenya dipastikan menolak mentah-mentah ajakan PSSI dengan alasan peringkat FIFA yang rendah.

Indonesia kembali memiliki rencana memanfaatkan FIFA Matchday edisi Maret 2023 dengan uji coba berkelas. Sejumlah lawan dijajaki. Hasilnya, Tajikistan, Bolivia, dan Kenya menolak.

Dengan penolakan Tajikistan, Bolivia, dan Kenya, berarti PSSI baru memiliki satu lawan di FIFA Matchday edisi Maret 2023. Itu adalah Burundi, yang memiliki peringkat 141 FIFA dan merupakan anggota CAF dari sub konfederasi Afrika Timur.

Pertanyaannya, timnas macam apa Kenya itu sampai berani menolak ajakan Indonesia untuk melakukan uji coba? Sama seperti Burundi, Kenya juga berada di sub konfederasi Afrika Timur. Tapi, tidak seperti Burundi yang mendioker, prestasi Kenya memang jauh lebih mentereng.

Fakta menunjukkan, mereka cukup sering bermain di Piala Afrika. Sebut saja pada 1972, 1988, 1990, 1992, 2004, dan 2019. Hanya saja mereka belum pernah lolos dari babak penyisihan grup.

Sama seperti Indonesia, Kenya juga pernah disanksi  FIFA selama tiga bulan pada 2004. Hal itu diakibatkan campur tangan pemerintah dalam kegiatan sepakbola. Larangan itu kemudian dibatalkan setelah Asosiasi Sepakbola Kenya (KFF) setuju untuk membuat statuta baru yang sesuai arahan FIFA.

Namun, pada 25 Oktober 2006, Kenya kembali diskorsing dari kegiatan sepakbola internasional karena gagal memenuhi kesepakatan yang dijanjikan beberapa bulan sebelumnya. Kesepakatan itu dibuat untuk menyelesaikan masalah yang berulang di KFF.

Setelah semua normal kembali, sepakbola Kenya berkembang lebih baik. Momen kebangkitan sepakbola Kenya terjadi saat Sebastien Migne ditunjuk sebagai pelatih pada Mei 2022. Sejak saat itu, peringkat FIFA mereka merengsek naik hingga masuk posisi 100.

Dari 10 pertandingan terakhir, Kenya mencatatkan 4 kemenangan, 4 imbang, dan 2 kekalahan. Diantaranya menahan imbang Mesir 1-1. 

Dibandingkan Indonesia, peringkat FIFA Kenya memang jauh di atas. Sebagai perbandingan, pasukan Garuda kini ada di posisi 151 dunia. Artinya, ada selisih yang cukup tajam, dan itu membuat KFF tidak bersedia menerima tawaran FIFA Matchday yang diajukan PSSI pada Maret 2023.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network