Benarkah Agenda FIFA Matchday Timnas Indonesia Aman Setahun ke Depan? Ini Faktanya

"Simak penjelasan Erick Thohir berikut ini.."

Analisis | 11 March 2023, 03:08
Benarkah Agenda FIFA Matchday Timnas Indonesia Aman Setahun ke Depan? Ini Faktanya

Libero.id - Kesibukan PSSI mencari lawan latih tanding untuk timnas Indonesiadi FIFA Matchday dipastikan tidak akan terjadi di masa depan. Pasalnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjamin agenda timnas Garuda selama setahun ke depan aman. Benarkah?

Dalam kalender FIFA, terdapat istilah FIFA Matchday. Ini adalah "jeda internasional" yang digunakan timnas dari seluruh dunia untuk menggelar pertandingan uji coba. Biasanya selama 7-10 hari.

Dalam rentang waktu tersebut, FIFA mengizinkan setiap anggotanya memainkan pertandingan. Dan, klub wajib melepasnya karena dalam pertandingan ini ada poin FIFA yang dipertaruhkan. Poin itu berpengaruh pada posisi dan peringkat dunia sebuah negara.

Untuk FIFA Matchday bulan ini, FIFA sudah merilis jadwalnya, yaitu 20-28 Maret 2023. Tapi, PSSI benar-benar kesulitan mencarikan lawan uji coba untuk pasukan Shin Tae-yong.

Awalnya, PSSI membidik dua calon lawan yang memiliki peringkat bagus, yaitu Bolivia dan Tajikistan. Tapi, keduanya menolak, sehingga PSSI beralih ke Kenya. Lagi-lagi tawaran PSSI ditolak. Akhirnya, Burundi yang bersedia menggelar dua pertandingan internasional.

Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak terulang di masa depan, rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta, Jumat (10/3/2023) malam, membahas secara khusus agenda FIFA Matchday tersebut. Hasilnya, cukup menggembirakan karena PSSI akan menyiapkannya jauh hari.

Menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, agenda timnas Indonesia untuk melakoni laga FIFA sudah aman dalam setahun ke depan. Dia menyebut jika PSSI sedang mempersiapkan lawan FIFA Matchdaya untuk edisi Maret, Juni, dan November 2023.

"Maret dipastikan ada pertandingan. Tapi, keputusannya siapa yang akan menjadi lawan dan siapa tim yang akan datang, saya belum bisa umumkan sebelum ada kepastian surat menyurat," ujar kata Erick Thohir di situs resmi PSSI.

"Sedangkan untuk Juni dan November sudah mulai negosiasi dari sekarang supaya tak ada lagi yang mendadak," tambah Menteri Negara BUMN itu.

Untuk edisi terbaru, PSSI memastikan timnas Burundi yang jadi lawan Indonesia. Tim dari Afrika itu akan datang ke Jakarta untuk menjalani dua pertandingan uji coba internasional. Pertandingan pertama pada Sabtu (25/3/2023) dan pertandingan kedua, tiga hari kemudian. Tempatnya, masih dicarikan.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network