Mirip Pratama Arhan Pemain Vietnam ini Juga Jarang Main di Liga Jepang

"Level pemain ASEAN itu ya di situ-situ saja.."

Feature | 14 March 2023, 05:52
Mirip Pratama Arhan Pemain Vietnam ini Juga Jarang Main di Liga Jepang

Libero.id - Musim baru kompetisi Jepang dimulai serempak, baik kasta tertinggi atau kasta kedua. Sejauh ini sudah memasuki pekan keempat dan dua pemain asal Asia Tenggara mengalami nasib serupa, yaitu jarang mendapatkan kesempatan merumput.

Musim ini, J.League menampilkan beberapa pemain ASEAN. Selain Pratama Arhan di J2 League bersama Tokyo Verdy, ada pula Nguyen Cong Phuong di J1 League bersama Yokohama FC.

Meski dipuja di negara masing-masing, Pratama Arhan dan Nguyen Cong Phuong ternyata hanya menjadi pemain medioker di Negeri Sakura. Bahkan, keduanya memiliki nasib yang sama sebagai penghuni bangku cadangan abadi karena tidak pernah diturunkan.

Yang sedikit membedakan adalah Pratama Arhan belum pernah masuk daftar susunan pemain Tokyo Verdy di J2 League. Sementara Nguyen Cong Phuong sekali masuk squad list.

Momen langka itu terhadi akhir pekan lalu saat Nguyen Cong Phuong menjadi saksi kekalahan 1-3 Yokohama FC dari FC Tokyo. Kekalahan itu membuat Yokohama FC berada di peringkat terbawah. Ini juga merupakan kekalahan ketiga berturut-turut Yokohama FC di semua kompetisi.

Saat datang ke Jepang, Nguyen Cong Phuong sebenarnya memasang target besar. Dia memiliki misi memainkan setidaknya 25 pertandingan di semua kompetisi bersama Yokohama FC. Tapi, situasi saat ini tampaknya masih tidak memungkinkan.

Sialnya, di antara semua pemain Vietnam yang bermain di luar luar negeri musim ini, hanya Nguyen Cong Phuong yang belum pernah bermain semenit pun.

Nguyen Quang Hai misalnya, mencetak gol untuk Pau FC di Ligue 2 (Prancis), Huynh Nhu terus bersinar dan menjadi bagian penting dari Vilaverdense di Liga Wanita Portugal, dan Nguyen Van Toan sudah ikut bermain saat Seoul E-Land bertemu klubnya Ansawi Mangkualam Bahar, Jeonnam Dragons, di K League 2.

Selain itu, ada juga dua pemain Thailand yang bermain di Jepang. Keduanya juga tidak berada dalam situasi yang lebih baik dari Nguyen Cong Phuong dan Pratama Arhan.

Chanathip Songkrasin misalnya, tidak bermain dalam kekalahan 0-1 klub juara bertahan J1 League, Kawasaki Frontale, dari Albirex Niigata. Lalu, Supachok Sarachat berada di bangku cadangan sepanjang pertandingan saat Consadole Sapporo Hokaido menang 2-0 atas Yokohama Marinos.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network