5 Pemain Timnas Burundi Layak Diwaspadai Timnas Indonesia di FIFA Matchday

"Negara boleh miskin. Tapi, sepakbolanya tidak bisa disepelekan."

Analisis | 14 March 2023, 15:03
5 Pemain Timnas Burundi Layak Diwaspadai Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Libero.id - Timnas Burundi akan menjalani dua pertandingan uji coba melawan timnas Indonesia pada FIFA Matchday edisi Maret 2023. Laga pertama pada Sabtu (25/3/2023), dan pertandingan kedua, tiga hari kemudian.

Meski tidak setenar negara-negara Afrika lain seperti Senegal, Kamerun, Pantai Gading, atau Ghana, Burundi tidak bisa dianggap remeh. Tim berjuluk The Swallows itu menghuni peringkat 141 di daftar rangking FIFA. Ini membuktikan mereka bukan tim kacangan.

Selain peringkat yang lebih baik dari Indonesia, Burundi juga diperkuat sejumlah pemain berbakat. Beberapa di antaranya berkompetisi di Eropa.

Pelatih mereka, Etienne Ndayiragije, telah memanggil pemain-pemain terbaik Burundi untuk diajak bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Beberapa nama layak mendapatkan perhatian serius dari pemain-pemain Garuda jika tidak ingin menanggung malu.

Siapa saja mereka? Inilah 5 pemain timnas Burundi yang layak diwaspadai timnas Indonesia:

1. Marco Weymans

Lahir dan menghabiskan masa kecil di Belgia, Marco Weymans pada akhirnya memutuskan untuk memperkuat Burundi sejak 2020. Itu adalah negara asal ibunya. Jebolan tim junior Belgia itu memiliki spesialisasi di kaki kiri. Dirinya membela Beerschot di kasta kedua Liga Belgia.

Jika Marselino Ferdinan dan Sandy Walsh dipanggil Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday, ini akan menjadi pertemuan menarik pemain-pemain dari kompetisi Belgia.

2. Youssouf Ndayishimiye

Youssouf Ndayishimiye adalah jenderal di lini belakang timnas Burundi. Baru berusia 24 tahun, dirinya tercatat sebagai pemain utama di OGC Nice. Itu artinya, Youssouf Ndayishimiye terbiasa bermain melawan bintang-bintang dunia sekelas Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe.

3. Saido Berahino

Saido Berahino menjadi sosok paling dikenal di Indonesia. Itu karena dia cukup lama berkarier di sepakbola Inggris. Mantan pemain Inggris U-21 itu pernah memperkuat West Bromwich Albion, Brentford, Stoke City, hingga Sheffield Wednesday. Kini, dia bermain untuk AEL Limassol di Siprus.

Saido Berahino juga merupakan kapten dan pemain paling berpangaruh di Burundi, meski baru berganti timnas pada 2018. Jika ditotal, dari 17 penampilan untuk negara kelahiran, dia baru mencetak satu gol.

4. Frederic Nsabiyumva

Frederic Nsabiyumva adalah bek tengah berpostur 190 cm yang bermain untuk klub Swedia, Vasteras SK, sejak bursa transfer musim panas 2022. Tapi, dirinya belum banyak mendapatkan kepercayaan pelatihnya. Dia baru bermain dalam sembilan pertandingan.

Tapi, bersama Burundi, Frederic Nsabiyumva merupakan pemain yang sangat diandalkan. Terbukti, dirinya telah bermain 38 kali untuk The Swallows.

5. Jospin Nshimirimana

Jospin Nshimirimana dianggap sebagai pemain masa depan Burundi. Usianya baru 21 tahun. Tapi, pemain Yeni Malatyaspor itu telah memiliki kemampuan yang bagus sebagai gelandang bertahan, gelandang tengah, atau posisi lain di tengah. Banyak media di kampung halamannya menyamakan Jospin Nshimirimana dengan N'Golo Kante.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network