Profil Rafly Selang, Pemain Remaja Indonesia Jebolan Garuda Select OTW Timnas U-20?

"Eks timnas U-16 yang jarang diberi kesempatan main. Masih ingat?"

Biografi | 14 March 2023, 18:15
Profil Rafly Selang, Pemain Remaja Indonesia Jebolan Garuda Select OTW Timnas U-20?

Libero.id - Sejak diluncurkan, program Garuda Select telah melahirkan banyak pemain sepakbola berbakat Indonesia. Beberapa diantaranya sukses menembus timnas senior. Sejumlah nama lainnya akan berjuang di Piala Dunia U-20 2023. Contohnya, Hokky Caraka, Daffa Fasya, atau Resa Aditya.

Garuda Select adalah program pengiriman pemain ke Eropa oleh Grup Djarum dan Mola TV. Pemain-pemain remaja dari segala penjuru Indonesia dikumpulkan menjadi satu tim di bawah asuhan Dennis Wise dan Des Walker.

Awalnya, Garuda Select berbasis di Inggris. Kemudian, dengan akuisisi Como 1907 oleh Grup Djarum, program ini berpindah ke Italia.

Dari sekian banyak pemain remaja Indonesia yang mendapat kesempatan, salah satu yang cukup menonjol di edisi terbaru adalah Rafly Selang. Lahir di Ternate, 8 April 2005, Rafly Selang diakui memiliki kemampuan bagus di lapangan. Pergerakan, umpan, dan eksekusinya cukup memuaskan tim pelatih Garuda Select.

Rafly Selang sempat mencuri perhatian ketika mencetak gol ke gawang Inter Milan U-17 dalam pertandingan Garuda Select, 18 Januari 2023.

"Pelatih-pelatih di sini (Garuda Select) membantu saya berkembang lagi. Mulai dari cara saya menempatkan posisi, kematangan saya dalam mengambil keputusan," ujar Rafly Selang di akun Instagram resmi Garuda Select, beberapa waktu lalu.

Dibawah bimbingan Des Walker dan Dennis Wise, Ralfy Selang menjelma mejadi salah satu gelandang andalan Garuda Select. Bahkan, dia sudah bergabung di program ini dalam dua jilid, yaitu jilid 4 dan jilid 5. "Mereka juga menguji mental dan kepercayaan diri saya agar ke depannya bisa bermain lebih bagus lagi," tambah Rafly Selang.

Sebelum bergabung dengan Garuda Select, Rafly Selang pernah berseragam timnas U-16 pada 2020. Tapi, dirinya jarang mendapatkan kesempatan bermain di tim asuhan Bima Sakti.

Kini, dia usia 19 tahun, Rafly Selang memiliki mimpi menembus timnas U-20 yang akan kembali menjalani pemusatan latihan jangka panjang untuk persiapan akhir ke Piala Dunia U-20 2023. Apalagi, rekan setimnya di Garuda Select, Resa Aditya, telah bergabung dengan skuad Shin Tae-yong dan ikut tampil di Piala AFC U-20 2023.

"Tahun lalu, saya bermain bersama Resa di Garuda Select. Sekarang, Resa sudah bermain di timnas U-20. Sekarang dia sudah bisa bermain untuk membela negara. Kalau Resa bisa, kenapa saya tidak," ungkap Rafly Selang.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network