Terkait Kedatangan Timnas Israel U-20 di Indonesia, Ini Respons Dubes Palestina

"Zuhair Al Shun sendiri mendukung Indonesia menyambut kedatangan Timnas Israel."

Berita | 15 March 2023, 22:34
Terkait Kedatangan Timnas Israel U-20 di Indonesia, Ini Respons Dubes Palestina

Libero.id - Duta Besar Palestina Zuhair Al Shun buka suara terkait timnas Israel U-20 yang akan bermain di Indonesia.

Al Shun menyadari ajang olahraga kali ini memiliki aturan sendiri di bawah naungan FIFA.

"Kita tahu bahwa masing-masing federasi olahraga ini memiliki aturan sendiri termasuk FIFA. Dalam kaitan ini Indonesia telah berhasil memenangkan bidding sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20," ujara Al Shun saat konferensi pers di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Rabu (15/3).

Ia lalu mengatakan partisipasi masing-masing negara yang ikut dalam kompetisi U-20 tidak ada kaitannya dengan sentimen suatu negara.

"Dan tentu saja partisipasi masing-masing negara yang ikut dalam event ini, tentu tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak suka dengan negara peserta tersebut," lanjut Al Shun.

Al Shun yakin meski Palestina bukan peserta U-20, tetapi negaranya bakal "hadir" di ajang tersebut.

"Saya yakin Palestina juga tetap ada di hati rakyat Indonesia, pemerintah, dan negara Indonesia. Palestina juga akan hadir dalam event yang akan dilaksanakan di Indonesia ini," ujar dia.

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 menjadi sorotan. Beberapa pihak mengecam Israel terkait aksi mereka di Palestina.

Sebagian menilai Indonesia tak mendukung Palestina karena mengizinkan Israel tampil di turnamen junior level dunia tersebut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut keamanan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 merupakan domain atau urusan pemerintah RI. Ia menegaskan PSSI fokus dalam penyelenggaraan acara.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut pemerintah telah menyiapkan berbagai jalur terkait kedatangan timnas Israel U-20.

"Sudah dibahas dan disiapkan semua jalur. Politik, diplomatik, keamanan, dan sebagainya sudah dibicarakan. Ditunggu aja nanti dirundingkan," kata Mahfud di UII, Sleman, pada pekan lalu.

Sejauh ini, Indonesia tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel karena solidaritas pemerintah terhadap perjuangan Palestina.

Mahfud lalu menerangkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 sudah disiapkan secara rapi dan matang.

"Sudah disiapkan, jadi nggak ada masalah," ujar dia lagi.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network