Masih Ingat? Sebelum Datangkan Lionel Messi dan Argentina, Indonesia Pernah Dipermak Uruguay

"Ini terjadi beberapa bulan setelah Piala Dunia 2010. Cek videonya!"

Viral | 18 March 2023, 15:34
Masih Ingat? Sebelum Datangkan Lionel Messi dan Argentina, Indonesia Pernah Dipermak Uruguay

Libero.id - Mendatangkan timnas kelas dunia ke Jakarta bukan hanya angan-angan yang tak kesampaian. Sebelum PSSI berwacana mejamu timnas Argentina pada FIFA Matchday edisi Juni 2023, timnas Indonesia pernah kedatangan timnas Uruguay dengan Luis Suarez dan Edinson Cavani di dalamnya. Masih ingat?

Entah prank atau mimpi di siang bolong, Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, tiba-tiba mengatakan PSSI sedang mencoba mendatangkan La Albiceleste.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu menyatakan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat ini sedang berusaha keras membujuk Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA) agar mau mengirimkan Lionel Messi untuk menghadapi pasukan Shin Tae-yong.

"Pak Ketum PSSI berkomunikasi kepada beberapa asosiasi dengan mengundang untuk FIFA Matchday pada Juni. Itu ada timnas Palestina, dan yang sedang diusahakan adalah Argentina. Tapi, ini masih rencana," ujar Zainudin Amali kepada awak media di Jakarta.

Jika tidak tim utama yang menjuarai Piala Dunia 2022, Zainudin Amali berharap tim kedua atau ketiga Argentina yang datang ke Jakarta. "Belum tahu kan ini. Bisa saja yang tim (Argentina) U-23, atau yang lainnya (U-20). Kami belum tahu," beber Zainudin Amali.

Sambil mencoba merealisasikan mimpi melawan Lionel Messi, timnas Indonesia sebenarnya punya pengalaman mendatangkan timnas kelas dunia di masa lalu. Salah satu yang cukup prestisius adalah Uruguay. 

Momen bersejarah itu terjadi setelah La Celeste menciptakan kejutan di Piala Dunia 2010. Tepatnya, pada 8 Oktober 2010. Tim yang ketika itu dilatih Oscar Washington Tabarez bermain di depan puluhan ribun penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Tim Garuda menampilkan starting line-up pemain-pemain ternama seperti Markus Harison, Muhammad Ridwan, Nova Arianto, Maman Abdurachman,Tony Sucipto, Muhammad Nasuha, Firman Utina, Beny Wahyudi, Ahmad Bustomi, Boaz Solossa, dan Bambang Pamungkas.

Sementara La Celeste juga tidak ketinggalan dengan menampilkan skuad utama. Di depan ada Luis Suarez dan Edinson Cavani. Di belakang ada Diego Lugano, Jorge Fucile, Mauricio Vitorino, dan Maxi Pereira. Di tengah terdapat Walter Gargano, Alvaro Pereira, Diego Perez, serta Ignacio Rodriguez.

Hasilnya, Uruguay memang bukan tandingan Indonesia. Bermain dalam laga persahabatan, La Celeste tampil serius dan total. Kemenangan telak 7-1 sukses dikantongi semifinalis Piala Dunia 2010 itu.

Indonesia sebenarnya sempat memimpin 1-0 di awal babak pertama melalui Boaz Solossa. Tapi, Uruguay kemudian bangkit, menceploskan tujuh gol beruntun. Duet striker Uruguay, Luis Suarez dan Edinson Cavani, sama-sama menyarangkan hattrick. Sedangkan satu gol lagi dicetak Sebastian Eguren.

Jadi, sulit membayangkan berapa skor yang akan tercipta jika Indonesia benar-benar kedatangan Lionel Messi dan Argentina.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network