5 Fakta Menarik Rafael Struick, Calon Winger Timnas U-20 Asuhan Shin Tae-yong

"Siapa dia? Berikut ini fakta menariknya."

Biografi | 22 March 2023, 20:22
5 Fakta Menarik Rafael Struick, Calon Winger Timnas U-20 Asuhan Shin Tae-yong

Libero.id - PSSI sudah berhasil menyelesaikan tiga pemain naturalisasi untuk timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong di Piala Dunia U-20 2023. Salah satu yang cukup menjanjikan adalah Rafael Struick.

Sejak setahun terakhir, PSSI memang mengajukan tiga nama pemain muda keturunan pilihan Shin Tae-yong untuk menjalani proses pergantian paspor. Meski berjalan cukup lama, semuanya beres pada waktunya. DPR RI sudah setuju, meski Justin Hubner dipanggil timnas Belanda U-20.

Untuk Ivar Jenner dan Rafael Struick, tidak ada masalah berarti. Mereka juga lebih senang bermain untuk Indonesia dibanding negara kelahirannya, Belanda. Khusus Rafael Struick, keinginan membela negara asal leluhurnya sudah ada sejak kecil. Sebab, dia hidup di Belanda dengan budaya Indonesia yang kental.

Nah, berikut ini 5 fakta menarik terkait Rafael Struick, calon winger Garuda Muda di Piala Dunia U-20 2023:

1. Neneknya berasal dari Semarang

Rafael Struick memang lahir di Zoetermeer, 27 Maret 2003, dan memiliki orang tua yang warga negara Belanda, yaitu Brian Struick dan Soraya Noraly Soedito. Dari nama ibunya, jelas terbaca ada darah Indonesia yang mengalir dalam diri Rafael Struick. Nenek Rafael Struick berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

2. Bukan saudara Pascal Struick

Meski punya nama belakang sama, Rafael Struick ternyata tidak memiliki hubungan darah dengan pemain Leeds United asal Belanda, Pascal Struick.

3. Membela ADO Den Haag sejak junior

Rafael Struick sudah menjadi bagian dari ADO Den Haag sejak 2020. Awalnya, bermain di tim junior. Lalu, promosi ke skuad utama. Debut seniornya terjadi pada 6 Mei 2022 saat ADO Den Haag melawan FC Emmen di Eerste Divisie. Sebulan kemudian, Rafael Stuick tanda tangan kontrak profesional pertamanya.

4. Bisa main di sayap, gelandang serang, dan striker

Rafael Struick adalah pemain serba bisa di lini depan. Posisi aslinya winger, baik kanan maupun kiri. Dia juga bisa tampil sebagai penyerang sayap kanan maupun kiri. Dia juga fasih sebagai gelandang serang. Bahkan, untuk posisi striker, Rafael Struick jagonya. Itu karena dia punya kecepatan di atas rata-rata.

5. Punya 1 caps dan 1 gol untuk timnas U-20

Rafael Struick memang baru selesai menjalani proses pergantian paspor dari Belanda ke Indonesia. Tapi, dirinya telah lebih dulu bermain untuk timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong.  Momen janggal itu terjadi saat Garuda Muda menjalani TC di Turki dan Spanyol, tahun lalu.

Bahkan, pada 19 November 2022, Rafael Struick mencetak gol melawan Slovakia U-20 dalam pertandingan uji coba di Turki. Hebatnya, itu adalah debutnya dengan seragam berlambang Garuda.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network