Respek! Thomas Doll Ingin Coba Puasa Ramadhan Bareng Pemain Persija Jakarta

"Serasa sepenanggungan..."

Berita | 24 March 2023, 15:26
Respek! Thomas Doll Ingin Coba Puasa Ramadhan Bareng Pemain Persija Jakarta

Libero.id - Kompetisi BRI Liga 1 2022/23 masih menyisakan beberapa laga, itu artinya para pemain dan pelatih akan menjalani sisa kompetisi dalam keadaan berpuasa ramadhan. Terlepas apakah laga akan digelar pada malam hari selepas berbuka puasa atau tidak, aktivitas berlatih tetap berjalan sebagaimana biasanya. Setiap klub memiliki kebijakan masing-masing akan hal ini.

Yang paling merasakan situasi seperti ini tentu adalah pemain, kondisi seperti itu dipahami betul oleh pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, yang pernah punya pengalaman melatih klub Arab Saudi, Al Hilal (2011-2012).

Dibentuk oleh pengalaman kebudayaan yang panjang, eks pelatih Borussia Dortmund itu punya cara pandang yang menarik sebagai seorang yang bukan beragama Islam.

Dirinya tertarik untuk mencoba puasa ramadhan dengan para pemain Macan Kemayoran yang mayoritas beragama Islam.

''Kita akan lihat mungkin suatu saat saya akan mencoba melakukan puasa di sini. Hampir seluruh pemain di sini berpuasa. Saya pikir kenapa pelatihnya tidak ikut mencoba?'' kata Thomas Doll dilansir dari laman resmi Persija Jakarta.

''Cuma, saya berharap tidak terlalu banyak makan di malam harinya karena metabolisme saya berbeda jauh dengan pemain. Sebab, mereka semua masih muda,'' lanjutnya.


Pelatih asal Jerman itu mengakui ibadah puasa di bulan ramadhan memiliki banyak manfaat positif. Alih-alih membuat lesu bagi Thomas Doll puasa ramadhan juga jadi punya lebih banyak energi.

''Saya pikir saat kita tidak terlalu banyak mengkonsumsi sesuatu maka kepala kita akan lebih jernih. Selain itu, orang yang berpuasa akan merasa lebih baik, mempunyai kekuatan, dan energi lebih,'' ujar Thomas Doll.

Bagaikan pakar kesehatan, Thomas Doll menyebut puasa juga membantu detoks tubuh.

''Menurut saya, manfaat puasa sangat bagus. Bukan dari turunnya berat badan saja, namun juga untuk membersihkan segalanya,'' pungkasnya.

Adapun Persija Jakarta saat ini masih berada di posisi ketiga klasemen dengan catatan 54 point, tertinggal dua point dari Persib Bandung dan 15 point dari PSM Makassar di puncak klasemen. Riko Simanjuntak dan rekan-rekan masih memiliki 5 laga terisa.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network