3 Negara ASEAN ini Bisa Digandeng Indonesia untuk Bidding Piala Dunia 2034

"Syaratnya, Piala Dunia U-20 2023 sukses digelar di Indonesia."

Analisis | 25 March 2023, 19:01
3 Negara ASEAN ini Bisa Digandeng Indonesia untuk Bidding Piala Dunia 2034

Libero.id - Jika sukses menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023, Indonesia berpotensi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama sejumlah negara Asia Tenggara. Siapa saja mereka?

Saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR RI terkait naturalisasi tiga pemain timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong, beberapa waktu lalu, Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, memastikan tekad Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Dalam kesempatan itu, Zainudin Amali menyatakan Piala Dunia U-20 2023 akan menjadi ujian untuk sepakbola Indonesia. Jika berjalan memuaskan seperti keinginan FIFA, potensi Piala Dunia 2034 digelar di Indonesia terbentang sangat luas di depan mata. Tapi, jika gagal, Indonesia harus mengucapkan selamat tinggal.

"Piala Dunia 2034 adalah mimpi kita. Tentu saja kita tidak mungkin sendirian. Kita akan mengajak negara tetangga kita," ujar mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, Indonesia memang tidah bisa sendirian. Sebab, sejak Piala Dunia 2026, peserta Piala Dunia akan membengkak. Ini membuat Indonesia harus menggandeng negara tetangga di Asia Tenggara yang memiliki visi sama.

Lalu, negara masa saja yang cukup masuk akal diajak menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034? Berikut ini 3 di antaranya:

1. Singapura

Singapura memang negara kecil. Tapi, mereka punya kemampuan ekonomi yang bagus. Infrastruktur utama maupun penunjang tidak perlu diragukan lagi. Singapura juga terbiasa didatangi klub-klub elite dunia saat pramusim. Terpenting, negara ini terbuka jika Israel lolos.

Yang harus dilakukan Singapura untuk bisa bidding Piala Dunia 2034 bersama Indonesia adalah menambah jumlah stadion berkapasitas besar sekelas Singapore National Stadium. Dengan dua atau tiga stadion berkapasitas setidaknya 40.000 penonton, maka beban Indonesia dan negara lain lebih ringan.

2. Malaysia

Seperti Indonesia, Malaysia juga punya infrastruktur sepakbola yang bagus. Negara ini memiliki banyak stadion kelas dunia. Mulai dari Stadium Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, hingga Stadium Sultan Ibrahim, Johor. Yang terbaru, mereka sedang merenovasi besar-besaran Stadion Shah Alam, Selangor.

Malaysia punya pengalaman menggelar Piala Dunia U-20 1997. Negara ini juga sering didatangi klub-klub sepakbola papan atas Eropa ketika tur pramusim.

3. Thailand

Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, adalah tuan rumah Piala Dunia 2034 yang paling masuk akal dari ASEAN. Seperti ketiga negara sebelumnya, Negeri Gajah Putih punya semua syarat untuk menyelenggarakan ajang sepakbola besar sekelas Piala Dunia.

Infrastruktur utama maupun penunjang sangat bagus. Pengalaman mereka juga banyak, termasuk menggelar laga-laga pramusim klub Eropa. Dan, yang paling penting, Thailand adalah negara Asia Tenggara dengan prestasi sepakbola terbaik. Mereka adalah raja di Piala AFF dan sepakbola SEA Games.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network