Peringkat FIFA di Bawah Malaysia, Indonesia OTW Fase Awal Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Ada 8+1 tiket yang diperebutkan."

Analisis | 29 March 2023, 20:00
Peringkat FIFA di Bawah Malaysia, Indonesia OTW Fase Awal Kualifikasi Piala Dunia 2026

Libero.id - Timnas Indonesiamemiliki potensi bekerja ekstra keras saat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dimulai 12  Oktober 2023. Sebab, peringkat FIFA pasukan Garuda yang rendah membuka potensi bermain sejak babak pertama kualifikasi menuju Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko itu.

FIFA Matchday edisi Maret 2023 baru saja selesai dilaksanakan. Hampir semua negara anggota FIFA melaksanakan pertandingan-pertandingan persahabatan internasional

Timnas Indonesia tak mau ketinggalan dengan menghadapi timnas Burundi, dua kali. Hasilnya, memetik kemenangan 3-1 pada pertemuan pertama. Dan, skor imbang 2-2 saat duel kedua dilaksanakan. Hasil yang cukup bagus dengan penampilan yang pantas dibanggakan itu membuat Indonesia menempati peringkat 149 FIFA.

Dengan drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang segera digelar FIFA, peringkat itu tidak cukup untuk membuat Indonesia langsung tampil di babak kedua. Pasalnya, peserta kualifikasi babak pertama adalah negara-negara negara-negara yang menempati peringkat 26-47 di Asia.

Untuk level Asia, timnas Garuda berada di peringkat 28. Dan, berdasarkan regulasi kompetisi, pasukan shin Tae-yong harus menjalani dua laga kandang dan tandang melawan alah satu dari penghuni peringkat 26-47. Ini adalah play-off sebelum menembus babak kedua.

Jika menang, timnas Indonesia akan tampil di babak kedua. Fase ini diikuti 11 tim yang lolos dari babak pertama plus negara-negara yang menempati peringkat 1-25 Asia. Totalnya 36 tim.

Rencananya, 36 tim itu dibagi ke dalam sembilan grup. Masing-masing grup berisikan empat negara. Juara dan runner-up maju ke babak ketiga. Total, 18 peserta 18 itu dibagi tiga grup. Juara dan runner-up lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara peringkat 3-4 maju ke babak keempat.

Pada babak keempat, enam tim dibagi dua grup. Juara grup lolos ke Piala Dunia 2026 mengikuti enam tim dari babak ketiga. Sementara runner-up akan menggelar play-off Asia demi tiket play-off antarzona. Jika menang, Asia akan punya sembilan wakil. Jika kalah, hanya delapan.

Indonesia sebenarnya bisa langsung lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia jika menempati peringkat 25 di Asia. Masalahnya, posisi itu sekarang ditempati Malaysia.

Harimau Malaya kini semakin jauh meninggalkan Indonesia setelah mendapatkan kemenangan atas Turkmenistan dan Hong Kong pada FIFA Matchday terbaru. Pasukan Kim Pan-gon sekarang menempati posisi 138 FIFA atau 25 Asia. Malaysia punya 1,082.13 poin, atau jauh di atas Indonesia dengan 1,046.14 poin.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network