Momen Sedih Presiden Jokowi Saat Kunjungan ke Sulawesi Selatan

"Semangat Pak Presiden, anda dan PSSI sudah berjuang maksimal.."

Viral | 30 March 2023, 19:27
Momen Sedih Presiden Jokowi Saat Kunjungan ke Sulawesi Selatan

Libero.id - Alih-alih prestasi, nama Indonesia kembali tercoreng di panggung global lewat sepakbola. Setelah tragedi Kanjuruhan, kini Indonesia harus kehilangan muka setelah FIFA mencabut hak tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 akibat penolakan timnas Israel U-20. Ini membuat Presiden Jokowi terlihat sangat sedih.

FIFA memutuskan membatalkan Piala Dunia U-20 batal di Indonesia setelah bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Alasannya, suasana yang tidak kondusif di Indonesia terkait salah satu kontestan yang tidak punya hubungan diplomatik.

Meski mencoret Indonesia, FIFA masih berbaik hati dengan menyebut akan tetap membantu transformasi sepakbola Indonesia setelah Tragedi Kanjuruhan, yang disepakati bersama beberapa wkatu lalu.

"Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir," tulis FIFA dalam pernyataan resminya terkait pembatalan Piala Dunia U-20 2023.

"Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua Umum PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat," lanjut pernyataan FIFA.

Keputusan FIFA itu langsung memukul komunitas sepakbola Indonesia. Para personel timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong menangis. Sementara penggemar timnas Garuda meluapkan kekecewaan dengan menghujani tokoh-tokoh politik yang dianggap bertanggung jawab melalui kritikan pedas. 

Wajah sedih dan ekspresi terpukul juga tampak dari wajah Presiden Jokowi. Mantan Walikota Solo itu tidak dapat berkata-kata ketika ditanya awak media terkait Piala Dunia U-20, yang sudah diperjuangkan sejak 2019. 

Momen yang tidak biasa itu terjadi dalam kunjungan Presiden Jokowi di Kompleks Pergudangan Badan Urusan Logistik (Bulog) Batangase, Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (30/3/2023).  

Saat itu, sejumlah wartawan yang hadir mencoba mengorek keterangan dari orang nomor satu di Indonesia. Tapi, yang terjadi di luar kebiasaan. Presiden Jokowi yang biasanya akan menjawab pertanyaan, ternyata memilih dia dia dan tidak mengucapkan sepatah kata pun untuk mengomentari Piala Dunia U-20 2023. 

Tidak hanya itu, ekspresi wajah Presiden Jokowi cukup menggambarkan bagaimana sebuah kekecewaan mendalam itu tampak. Tetap semangat Pak Presiden!

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network