Bila FIFA Berikan Sanksi Kepada Israel, Negara Mana yang Bakal Gantikan Timnas Israel U-20?

"Yang jelas bukan timnas U-20 wkwk..."

Analisis | 03 April 2023, 14:00
Bila FIFA Berikan Sanksi Kepada Israel, Negara Mana yang Bakal Gantikan Timnas Israel U-20?

Libero.id - Topik Piala Dunia U-20 2023 memang sedang hangat diperbincangkan terutama setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah.

Kini beberapa pihak menginginkan Timnas Israel U-20 diganti setelah aksi brutal yang dilakukan tentara Israel di final Piala Liga Palestina yang mempertemukan Balata FC vs Jabal Al Mukabber pada Kamis, 30 Maret 2023 malam WIB. Saat itu, tentara Israel melepaskan peluru karet dan gas air mata ke arah lapangan dan tribun stadion

Akibat aksi brutal itu, laga dihentikan selama sejam. Sebab, banyak suporter (ada wanita dan anak-anak) serta pemain yang mengalami sesak napas.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) selaku yang menaungi Federasi Sepakbola Palestina pun angkat bicara. Mereka mengecam alias mengutuk keras tindakan yang dilakukan Israel.

“Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengecam keras serangan yang tidak beralasan dan mengerikan yang dilancarkan pasukan Israel terhadap pemain dan penonton selama pertandingan final Piala Abu Ammar antara Balata FC dan Jabal Al Mukaber di Stadion Internasional Faisal Al Husseini pada Kamis malam,” tulis pernyataan AFC dilansir dari laman resmi AFC.

View this post on Instagram

A post shared by Pengamat Sepakbola (@pengamatsepakbola)

“Gas air mata dan peluru yang dibungkus karet digunakan oleh pasukan Israel selama penyerangan, yang menyebabkan pertandingan dihentikan karena ada pemain dan penggemar Palestina, termasuk anak-anak dan wanita menderita sesak napas,” lanjut pernyataan tersebut.

Selain desakan dari AFC di atas, banyak pencinta sepakbola yang mendorong FIFA untuk menghukum Israel. FIFA dicap menerapkan standar ganda jika tidak memberi hukuman kepada Israel.

Sebab, FIFA diketahui melarang Rusia bermain di pertandingan internasional dalam satu tahun terakhir, imbas invasi yang dilakukan Rusia kepada Ukraina. Karena itu, potensi FIFA memberi hukuman Israel masih ada.

Jika FIFA menghukum Israel dalam waktu dekat, Timnas Israel U-20 otomatis dilarang mentas di Piala Dunia U-20 2023 yang dilangsungkan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Andai Timnas Israel U-20 dihukum siapa penggantinya? Apakah Timnas Indonesia U-20?

Sesuai aturan, jika ada negara yang terkena hukuman, negara penggantinya harus berasal dari konfederasi sepakbola yang sama. Karena itu, posisi Timnas Israel U-20 akan digantikan Timnas Austria U-20.

Timnas Austria U-20 hampir lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Saat itu, Austria U-20 tumbang 0-1 dari Slovakia U-20 di babak playoff.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network