Profil Issara Sritaro, Pelatih Thailand U-22 Punya Misi ke Olimpiade 2024

"SEA Games 2023 hanya uji coba. Siapa dia? Ini profilnya."

Biografi | 06 April 2023, 09:04
Profil Issara Sritaro, Pelatih Thailand U-22 Punya Misi ke Olimpiade 2024

Libero.id - Masuk grup neraka di SEA Games 2023 tidak membuat pelatih timnas Thailand U-22, Issara Sritaro, pusing. Dia tetap optimistis. Sebab, pesta olahraga Asia Tenggara itu bukan tujuan tim asuhannya. The War Elephants punya misi lolos ke Olimpiade 2024 di Paris.

Timnas Thailand U-22 akan menghadapi Malaysia, Vietnam, dan Laos dengan dipimpin Issara Sritaro. Dia mengisi tempat Mano Polking, yang sepenuhnya fokus ke timnas senior.

Issara Sritaro memiliki karier bermain yang tidak terlalu menonjol. Di usia 30 tahun, dia pensiun, dan menjadi pelatih. Tim pertama yang dipimpinnya adalah Chainat Rangkong pada 2010. Saat itu, Rangkong Chainat (Chainat Hornbill) ada di Divisi III. Lalu, Issara Sritaro membawa klub itu promosi ke Thai League 2 dan Thai League 1 berturut-turut.

Anehnya, presiden klub menilai Issara Sritaro  tidak memenuhi syarat untuk menukangi Chainat Hornbill di papan atas kompetisi Thailand. Kemudian Asosiasi Sepakbola Thailand (FAT) meminta Issara Sritaro melatih timnas U-23 dan dilanjutkan U-19. Selanjutnya, menjadi asisten Akira Nishino di timnas senior.

Selama menjadi asisten Akira Nishino, Issara Sritaro belajar banyak hal selama sekitar dua tahun. Kegagalan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 membuat pelatih asal Jepang dipecat. Begitu pula Issara Sritaro.

Gagal dengan tim senior Thailand, Issara Sritaro ditunjuk menukangi PT Prachuap, yang ketika itu diperkuat pemain Indonesia, Rudolof Yanto Basna. Ketika datang, PT Prachuap bermain buruk di Thai League 1 2021/2022. Klub terancam degradasi karena masih menyisakan 13 pertandingan.

Tapi, kehadiran Issara Sritaro mengubah takdir PT Prachuap. Dia membantu mereka bertahan di kasta elite. Bahkan,  PT Prachuap sempat membuat kejutan dengan mengalahkan sang juara liga, Buriram United, 2-1.

Fans PT Prachuap sebenarnya berharap PT Prachuap terus memimpin tim. Tapi, FAT akhirnya memilih dirinya untuk menukangi Thailand U-22 dan Thailand U-23. Tugasnya, menghadirkan medali emas SEA Games 2023. Kemudian, Kualifikasi Olimpiade 2024 dan lolos ke Paris.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network