Analisis Peringkat FIFA Timnas Indonesia dengan Tetangga Asia Tenggara

"Siapa lebih baik baik? Ini daftarnya.."

Analisis | 07 April 2023, 07:24
Analisis Peringkat FIFA Timnas Indonesia dengan Tetangga Asia Tenggara

Libero.id - Setelah menjalani beberapa pertandingan uji coba bertajuk FIFA Matchday, FIFA akhirnya merilis daftar peringkat dunia edisi April 2023. Juara Piala Dunia 2022, Argentina, ada di puncak menggeser Brasil. Bagaimana dengan Indonesia dan tetangga-tetangganya?

Seperti yang selama ini telah menjadi tradisi, FIFA merilis daftar peringkat dunia tim nasional sepakbola anggotanya. Ini dilakukan lembaga pimpinan Gianni Infantino itu setiap bulan.

Untuk edisi April 2023, pemeringkatannya berdasarkan hasil FIFA Matchday Maret 2023. Hasilnya, Argentina menggeser Brasil di peringkat pertama. Itu setelah tim Tango menyapu bersih dua laga FIFA Matchday dengan kemenangan besar atas Panama dan Curacao. Sebaliknya, Brasil dikalahkan Maroko.

Lionel Messi dkk kini memiliki 1840,93 poin. Itu unggul tipis dari Prancis di peringkat kedua dengan 1838,45 poin dan Brasildi peringkat ketiga dengan 1834,21 poin.

Untuk peringkat 10 besar dunia, tidak banyak peringkat yang berubah. Sebut saja Belgia, Inggris, Belanda, Kroasia, Italia, Portugal, dan Spanyol.

Bagaimana dengan Asia Tenggara? Timnas Indonesia, yang meraih kemenangan dan hasil imbang melawan Burundi di FIFA Matchday, mendapat tambahan poin signifikan. Indonesia kini naik dua peringkat dari  151 menjadi 149. Ini harus disyukuri oleh semua pendukung timnas Garuda.

Hanya saja, posisi Indonesia masih kurang strategis jika dibanding negara anggota AFF lainnya. Sebut saja Vietnam yang menjadi negara ASEAN dengan peringkat FIFA terbaik. Meski tidak menggelar FIFA Matchday edisi Maret 2023, tim yang kini ditangani Philippe Troussier berada di 100 besar, yaitu peringkat 95. 

Selain Vietnam, ada banyak negara ASEAN di atas Indonesia. Sebut saja Thailand di posisi 114. Lalu, Filipina di peringkat 136. Dan, Malaysia di baris 138.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network