Gokil! Peringkat 5 Pemain Termuda yang Jalani Debut di Liga Indonesia

"Peringkat pertama baru saja debut di usia 15 tahun."

Feature | 08 April 2023, 09:01
Gokil! Peringkat 5 Pemain Termuda yang Jalani Debut di Liga Indonesia

Libero.id - Menjalani pertandingan pertama selalu jadi momen yang diingat oleh setiap pesepakbola profesional. Tidak peduli berakhir manis atau pahit. Sebab, itu merupakan momen yang menjadi pintu pembuka karier di masa depan.

Di kompetisi sepakbola kaste tertinggi Indonesia akhir-akhir ini banyak pelatih yang memberikan debut untuk pemain muda. Entah bermain sejak kick-off maupun masuk sebagai pengganti di babak kedua.

Apa yang dilakukan orang-orang seperti Thomas Doll, Stefano Cugurra Teco, Luis Milla, Seto Nurdiantoro, Aji Santoso, Leonardo Medina, atau Joko Susilo layak mendapatkan acungan dua jempol. Sebab, ini membuktikan komitmen mereka kepada masa depan sepakbola Indonesia yang cerah.

Namun, memainkan anak-anak muda di Liga Indonesia bukan musim ini saja dilakukan. Sejak lama, pelatih-pelatih kita memang rajin memberi kesempatan pesepakbola berusia belasan tahun untuk debut. Bahkan, beberapa di antaranya masih sangat muda.

Siapa saja mereka? Berikut ini peringkat 5 pemain termuda yang menjalani debut Liga Indonesia:

5. Gunansar Mandowen (17 tahun 4 bulan 11 hari)

Papua memang tak pernah kehabisan talenta sepak bola. Salah satu yang jarang dibicarakan adalah Gunansar Mandowen. Usianya baru 17 tahun 4 bulan 11 hari saat melalukan debut bersama Persipura Jayapura dalam pertandingan Liga 1 melawan PS Tira. Beberapa bulan kemudian, dia jadi pencetak gol termuda di kompetisi, dalam usia 17 tahun 7 bulan 20 hari.

4. Mochamad Supriadi (17 tahun 3 bulan 1 hari)

Mochamad Supriadi sempat menjadi buah bibir bersama timnas U-16 dan timnas U-19, beberapa tahun lalu. Setelah masuk ke tim utama Persebaya Surabaya, Supri langsung menjalani debut di laga kontra Persija Jakarta. Ketika itu, dirinya baru menginjak usia 17 tahun 3 bulan 1 hari.

3. Ronaldo Kwateh (16 tahun 10 bulan 15 hari)

Ronaldo Kwateh sudah menjadi pemain yang diperhitungkan sejak remaja. Anak mantan penyerang asal Liberia di Liga Indonesia, Roberto Kwateh, itu punya kecepatan dan keterampilan teknik mumpuni. Tak heran, dia dipanggil Shin Tae-yong untuk membela timnas di berbagai kelompok umur.

Hebatnya, Ronaldo Kwateh menjalani debut profesional di kompetisi Indonesia dalam usia 16 tahun 10 bulan 15 hari saat Madura United menghadapi Persita Tangerang. Saat ini, Aldo bermain di klub kasta kedua Turki, Bodrumspor.

2. Dony Tri Pamungkas (16 tahun 8 bulan 17 hari)

Thomas Doll cukup sering memainkan Dony Tri Pamungkas. Dan, itu semua diawali saat pertandingan antara Persija Jakarta melawan Persita Tangerang. Saat itu, usianya 16 tahun 8 bulan 17 hari.

1. Arkhan Kaka Putra (15 tahun 7 bulan 8 hari)

Arkhan Kaka Putra baru saja mencuri perhatian. Masih 15 tahun, dia sudah pernah bermain bersama timnas U-20. Itu tak terlepas dari performa bagusnya saat membawa timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022. Kini, Arkhan Kaka menjadi pemain termuda di Liga Indonesia dalam usia 15 tahun 7 bulan 8 hari.

Momen langka itu terjadi pekan lalu saat Persis Solo menjalani pertandingan melawan Persib Bandung. Sayang, di laga debut, Arkhan Kaka harus merasakan kekalahan 1-3.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network