Profil Jay Idzes, Bek Go Ahead Eagles Tertarik Gabung Timnas Indonesia

"Ada darah Garuda yang mengalir dalam tubuhnya. Siapa dia?"

Biografi | 09 April 2023, 19:19
Profil Jay Idzes, Bek Go Ahead Eagles Tertarik Gabung Timnas Indonesia

Libero.id - Meski Shin Tae-yong memastikan sudah puas dengan pemain-pemain keturunan yang dinaturalisasi, peluang pesepakbola kelahiran Eropa lainnya bergabung ke timnas Indonesia masih ada. Salah satunya, bek Go Ahead Eagles, Jay Idzes. Pemuda berusia 22 tahun siap ganti paspor Belanda ke Indonesia jika diminta.

Jay Idzes mendadak menjadi pembicaraan netizen +62 ketika secara terbuka menantang pengurus PSSI untuk menghubunginya. Dengan darah Indonesia, dia berminat membela tim Merah-Putih.

"Saya terbuka untuk itu (menjadi pemain naturalisasi). Tapi, satu sisi saya ingin berkarier di Belanda. Satu sisi aku ingin juga membela timnas asal kakek saya. Itu adalah suatu kehormatan. Jadi tentu aku terbuka untuk itu," ujar Jay Idzes dalam wawancara di kanal Youtube, Yussa Nugraha.

"Mungkin dalam waktu dekat ini saya akan pindah ke klub lain. Dan, siapa tahu kalian akan lihat saya main di Indonesia," tambah pemuda kelahiran Mierlo, 2 Juni 2000, itu sembari bercanda.

Siapa Jay Idzes? Dia adalah pemain belakang serbabisa yang memiliki kakek dan nenek asal Jakarta. Keduanya kemudian meninggalkan Indonesia untuk menetap di Belanda saat gejolak politik Orde Lama.

Meski lahir dan besar, kakek dan nenek Jay Idzes selalu menanamkan identitas sebagai orang Indonesia. Makanan Indonesia sering dihidangkan dalam acara-acara keluarga. Bahasa Indonesia juga masih sering digunakan. Bahkan, sang kakek pernah menyarankan Jay Idzes untuk membela timnas Indonesia.

Jay Idzes memiliki perjalanan panjang di sepakbola. Dia sudah bermain sejak usia 7 tahun. Dia memulai karier dari klub amatir di tempat kelahirannya, Mierlo, SC Brabant.

Bakat Jay Idzes kemudian terpantau PSV Eindhoven. Pada usia 9 tahun, dia bergabung dengan akademi klub elite Eredivisie itu. Kemudian, setelah lima tahun, Jay Idzes pindah ke VVV-Venlo dan Helmodsports.

Debut profesional Jay Idzes terjadi di Eerste Divisie (kasta kedua). Saat itu, dia membela FC Eindhoven. Dia bermain untuk klub tetangga PSV Eindhoven itu selama sekitar dua tahun dengan 57 penampilan semua ajang dan menghasilkan 1 assist.

Karier Jay Idzes kemudian berlanjut ke Go Ahead Eagles dengan kontrak tiga tahun sejak Juli 2020 hingga akhir musim ini. Jay Idzes telah menjalani 85 penampilan dan memproduksi 3 gol serta 5 assist.

Rumor pada transfer window musim dingin 2023 sempat menghubungkan Jay Idzes dengan salah satu klub Liga Premier Skotlandia, Aberdeen. Sayang, karena satu dan lain hal yang bersifat non teknis, transfer itu urung terjadi. Itu berarti Jay Idzes akan pergi secara gratis dari Go Ahead Eagles pada musim panas 2023.

Jadi, layak kita nantikan apakah PSSI berminat menaturalisasi bek yang bisa bermain sebagai gelandang bertahan itu.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network