Minus Marselino Ferdinan, Inilah 5 Calon Gelandang Timnas U-22 di SEA Games 2023

"Gaya permainan Indra Sjafri selalu butuh gelandang jempolan."

Analisis | 11 April 2023, 18:43
Minus Marselino Ferdinan, Inilah 5 Calon Gelandang Timnas U-22 di SEA Games 2023

Libero.id - SEA Games 2023 ada di depan mata. Dan, timnas U-22 baru memulai serangkaian uji coba dengan tim lokal maupun internasional mulai tengah pekan ini. Indra Sjafri selaku pelatih ingin melihat sejauh mana anak-anak muda ini bisa bermain, khususnya di lini tengah.

Sepanjang sejarah kariernya, Indra Sjafri dikenal sebagai pelatih lokal Indonesia yang bermain menggunakan penguasaan bola tinggi. Umpan-umpan pendek bola bawah, dengan sesekali panjang, jadi ciri khas.

Dalam gaya permainan Indra Sjafri, selalu saja ada gelandang yang diberi kepercayaan lebih untuk menjadi jenderal. Di tim asuhan Indra Sjafri sebelumnya, posisi ini menjadi milik Evan Dimas Darmono. Pemain Arema FC itu jadi motor di timnas U-19 maupun timnas SEA Games 2019.

Pertanyaannya, siapa pemain yang akan punya peran seperti Evan Dimas saat SEA Games 2023 digelar di Kamboja?

Berikut ini 5 calon bintang lini tengah timnas U-22 jika Marselino Ferdinan tidak bisa bergabung karena terhalang izin klubnya, KMSK Deinze:

1. Witan Sulaeman (Persija Jakarta)

Bersama Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman adalah pemain kesayangan Indra Sjafri, layaknya Evan Dimas Darmono di masa lalu. Meski bermain kurang bagus bersama Shin Tae-yong di timnas Indonesia maupun Thomas Doll di Persija Jakarta, Indra Sjafri tetap yakin pada anak muda asal Palu.

Dalam skema Indra Sjafri, Witan Sulaeman akan bermain sedikit menyerang. Dan, yang dibutuhkan Indra Sjafri dari pemain ini adalah kreativitas.

2. Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung)

Jika Marselino Ferdinan tidak dilepas klubnya, KMSK Deinze, Beckham Putra Nugraha bisa jadi opsi terbaik di posisi playmaker. Secara karakter permainan, keduanya memang sedikit berbeda. Tapi, visi bermain punggawa Persib Bandung berusia 21 tahun tak perlu diragukan lagi.

3. Kanu Helmiawan (Persis Solo)

Kanu Helmiawan adalah gelandang tanpa kompromi. Dia terbiasa melakukan pekerjaan berat sebagai gelandang yang memutus serangan lawan. Tapi, Kanu Helmiawan juga bisa bermain lebih kalem. Pasalnya, dia merupakan salah satu gelandang serbabisa di timnas SEA Games 2023.

4. Rifky Dwi Septiawan (Persita Tangerang)

Rifky Dwi Septiawan dikenal sebagai gelandang yang mampu membuat lini tengah stabil saat menyerang maupun bertahan. Setidaknya, hal itu bisa dilihat saat dirinya membela Persita Tengerang di Liga 1 2022/2023. Rifky Dwi Septiawan memiliki keistimewaan bertahan dan menyerang sama baiknya plus eksekusi bola mati.

5. Achmad Maulana Syarif (Persija Jakarta)

Achmad Maulana Syarif menjadi satu dari beberapa pemain timnas U-20 yang bedol desa ke timnas U-22. Anak muda Persija Jakarta ini sudah membuktikan kualitasnya saat Piala AFC U-20 2023. Saat itu, dia bekerja sangat keras menggalang lini tengah Garuda Muda saat bertemu Irak U-20, Suriah U-20, dan Uzbekistan U-20.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network