Demi Medali Emas, Inilah 7 Pemain Senior di Timnas U-22 SEA Games 2023

"Anak muda pilihan Shin Tae-yong di tim senior dinikmati Indra Sjafri di SEA Games."

Feature | 12 April 2023, 18:10
Demi Medali Emas, Inilah 7 Pemain Senior di Timnas U-22 SEA Games 2023

Libero.id - Sepakbola Indonesia harus berterima kasih kepada Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu sangat berani memanggil anak-anak muda belasan tahun membela timnas Indonesiasenior. Akibatnya, timnas U-22 asuhan Indra Sjafri punya banyak pemain senior untuk SEA Games 2023.

Beda dengan SEA Games sebelumnya, SEA Games di Kamboja kali ini melarang keterlibatan pemain di atas usia 22 tahun. Ini untuk memberi kesempatan pemain muda berkembang.

Namun, Indonesia benar-benar beruntung. Timnas U-22 memang menggunakan semua pemain berusia 22 tahun ke bawah. Hanya saja perjudian Shin Tae-yong saat memanggil pemain-pemain berusia belasan tahun ke tim senior akhirnya dipetik di SEA Games 2023. Indra Sjafri selaku pelatih timnas U-22 punya banyak pemain muda dengan caps internasional senior.

Tercatat, ada 11 pemain timnas U-22 yang pernah bermain di timnas Indonesia. Empat di antaranya berstatus pemain abroad. Contohnya, Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Elkan Baggott (Chaltenham Town), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), dan Ronaldo Kwateh (Bodrumspor).

Tapi, keempat nama tersebut belum bisa dipastikan tampil di SEA Games 2023. Sebab, ini bukan agenda FIFA sehingga klub tidak wajib melepas pemain. Itu berarti tersisa tujuh pemain senior yang kemungkinan besar akan ikut Indra Sjafri berangkat ke Kamboja.

Siapa saja mereka? Inilah 7 pemain senior di timnas U-22 untuk SEA Games 2023:

1. Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta adalah juru gedor lokal terbaik di Liga 1 2022/2023. Anak muda PSM Makassar diharapkan bisa mencetak banyak gol selama SEA Games 2023. Itu karena dia baru membawa Juku Eja juara liga plus menghasilkan 12 gol serta 2 assist. Hebatnya, pemuda berusia 20 tahun itu punya 4 caps dan 1 gol timnas Indonesia.



2. Ernando Ari Sutaryadi

Ernando Ari Sutaryadi adalah penjaga gawang utama Persebaya Surabaya. Dia sudah cukup kenyang di kompetisi domestik, meski lebih banyak duduk di bench saat dipanggil Shin Tae-yong ke skuad Garuda. Debut Ernando Ari Sutaryadi untuk timnas senior terjadi di Piala AFF 2020 saat melawan Laos.

3. Rizky Ridho Ramadhani

Rizky Ridho Ramadhani adalah kapten timnas U-22 pilihan Indra Sjafri. Alasannya, jam terbang yang lebih banyak dari rekan-rekan lainnya. Meski baru berusia 21 tahun, bek Persebaya Surabaya itu sudah punya 21 caps sejak debut senior pada 2021. Bahkan, di FIFA Matchday terbaru, dia menggeser Fachrudin Aryanto.

4. Adi Satryo

Adi Satryo adalah kiper ketiga timnas senior bersama Ernando Ari Sutaryadi. Keduanya secara bergantian jadi pelapis Nadeo Argawinata dan Syahrul Tisna. Adi Satryo melakukan debut senior melawan timnas Afghanistan pada 25 Mei 2021.

5. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman adalah pemain kesayangan Indra Sjafri. Dia dikenal sejak memperkuat timnas U-19 bersama Egy Maulana Vikri. Sebelum balik ke Indonesia untuk memperkuat Persija Jakarta, pemuda asal Palu itu membela Lechia Gdansk di Polandia dan AS Trencin di Slovakia.

Soal caps di timnas Indonesia, Witan Sulaeman punya jumlah yang banyak. Sejak debut pada Mei 2021, Witan Sulaeman telah mengemas 28 pertandingan internasional dengan 8 gol.

6. Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga mencuat ketika menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Dia juga ikut Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Asia 2023, hingga SEA Games 2021. Sejak debut senior pada November 2021, Alfeandra Dewangga mencatatkan 13 caps. Kini, dia kembali setelah absen di Piala AFF 2022 dan dua edisi FIFA Matchday.

7. Muhammad Ferarri

Muhammad Ferarri merupakan kapten timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong yang batal main di Piala Dunia U-20 2023. Baru berusia 19 tahun, bek tengah Persija Jakarta ini dipanggil ke timnas Indonesia pada FIFA Matchday melawan timnas Curacao, tahun lalu. Dia dipanggil lagi saat melawan timnas Burundi, bulan lalu.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network