Kisah Generasi Emas SEA Games 1987, Emas Pertama dalam Sejarah

"Mereka adalah tim yang sangat kompak.."

Feature | 12 April 2023, 21:20
Kisah Generasi Emas SEA Games 1987, Emas Pertama dalam Sejarah

Libero.id - Sepakbola Indonesia memang kering prestasi. Buktinya, skuad Garuda belum pernah mempersembahkan Piala Dunia, Piala Asia, dan Piala AFF. Bahkan, di level SEA Games, tim binaan PSSI hanya dua kali mendapat medali emas. Ini jauh lebih sedikit dari negara-negara seperti Myanmar atau Vietnam.

Berdasarkan jadwal yang telah dirilis, sepakbola SEA Games 2023 akan dimulai pada Sabtu (29/4/2023). Itu seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

Untuk SEA Games di Kamboja kali ini, Indonesia akan menampilkan timnas U-22 asuhan Indra Sjafri. Ada target besar yang dibebankan kepada anak-anak muda ini. Pasalnya, kali terakhir Indonesia memenangkan turnamen ini adalah SEA Games 1991. Empat tahun sebelumnya, pada SEA Games 1987, Indonesia meraih medali emas perdana.

Dua generasi itu masih terus dikenang hingga hari ini. Berbeda dengan era terbaru, SEA Games ketika itu menampilkan pemain-pemain senior dan tim utama. Bukan hanya Indonesia, melainkan juga Thailand, Malaysia, Vietnam, dan semua negera peserta.

Pada SEA Games 1987 misalnya, timnas Indonesia ditangani pelatih lokal legendaris, Bertje Matulapelwa. Saat itu, Indonesia menjadi penyelenggara.

Main di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Bertje Matulapelwa menampilkan pemain-pemain seperti Ponirin Meka dan I Gusti Putu Yasa di bawah mistar gawang. Lalu, Muhammad Yunus, Marzuki Nyak Mad, Robby Darwis, Jaya Hartono, Sutrisno, France Marcus Wenno (bek).

Ada lagi Patar Tambunan, Azhari Rangkuti, Rully Rudolf Nere, Herry Kiswanto, dan Tiastono Taufik (gelandang). Kemudian, Budi Wahyono, Ribut Waidi, dan Ricky Yakobi (penyerang).

Meski bertindak sebagai tuan rumah, kiprah Indonesia di SEA Games 1987 tidak sepenuhnya mulus. Pada babak penyisihan, Indonesia hanya bisa finish runner-up di bawah juara bertahan Thailand. Indonesia dan Thailand bermain imbang tanpa gol saat bertemu. Indonesia lolos ke semifinal setelah mengalahkan Brunei Darussalam.

Pada semifinal, Indonesia melawan Myanmar. Indonesia menang  4-1 untuk menantang Malaysia, yang mengalahkan Thailand 2-0. Hasilnya, Indonesia menang 1-0 lewat gol semata wayang Legenda PSIS Semarang, Ribut Waidi, di babak perpanjangan waktu. Itu terjadi pada 20 September 1987.

Kemenangan itu disambut sukacita oleh segenap rakyat Indonesia. Sebab, sejak SEA Games digelar pada 1959, Indonesia belum pernah mendapatkan medali emas. Pencapaian terbaik hanya medali perak SEA Games 1979

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network