Profil Bangbang Syamsudar, Wasit Terbaik Liga 1 Musim Ini yang Ternyata Lulusan S3

"Umurnya baru 36 coi.."

Feature | 19 April 2023, 13:57
Profil Bangbang Syamsudar, Wasit Terbaik Liga 1 Musim Ini yang Ternyata Lulusan S3

Libero.id - Bukan Thoriq Alkatiri atau Fariq Hitaba, wasit terbaik BRI Liga 1 2022/23 disabet oleh seorang asisten wasit alias hakim garis bernama Bangbang Syamsudar.

Penghargaan itu dimenangkannya berkat kinerja apiknya dalam membantu wasit utama sehingga tidak melahirkan keputusan-keputusan kontoversial.

Lantas siapakah sosok Bangbang Syamsudar. Pria yang baru berusia 36 tahun itu menjalani kariernya yang unik sebelum akhirnya bisa mencapai posisinya saat ini.

Ternyata Bangbang Syamsudar pernah berkeinginan menjadi pesepakbola profesional, bahkan dirinya sempat memperkuat Persib Bandung junior di kelompok umur 15 hingga 18 tahun.

Bangbang memutuskan untuk lebih memilih kuliah. Bukan cuma jadi sarjana, Bangbang bahkan menempatkan studi hingga strata 3 alias S-3. Dan itu dijalaninya dalam rentang waktu yang cepat.

Dalam sebuah webinar Bangbang mengatakan, "Alhamdulillah, pada usia 30 tahun kuliah saya selesai. S1 tiga tahun setengah, S2 dua tahun setengah, dan S3 dua tahun," kata Bangbang.

Nama Bangbang Syamsudar bisa dilacak si Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Tercatat Bangbang lulus S1 di Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Pembangunan Indonesia  pada 2004-2008. Kemudian S2 dengan program studi yang sama di kampus yang pada. 2009-2011. Menamatkan S3 juga jurusan di PENDOR PPS UNJ pada 2014-2017.

Di sela-sela menjalani studi itulah, pria kelahiran Garut menyempatkan dirinya mengikuti lisensi wasit dan bahkan juga kepelatihan. Kariernya sebagai wasit ditopang oleh pendidikan. Dirinya sudah memikirkan matang-matang.


"Saya berpikir menjadi wasit itu tidak akan selamanya, kadang bisa cedera," akunya.

Wasit yang kini sudah mengantongi lisensi AFC itu ternyata pernah hampir dua tahun tidak menggunakan lisensi wasitnya.

"Saya sempat melatih tim universitas, kemudian SSB dan lain-lain," katanya.

Bangbang sempat berpikir menjadi wasit itu berat. Bangbang menyadari menjadi wasit bukanlah hal mudah, namun disitulah tantangannya.

"Saya berpikir, jadi wasit itu sering dicerca, tetapi ada kepuasaan tersendiri bagi saya ketika menyelesaikan pertandingan yang begitu ribet," 

Bangbang pernah bertugas di Kualifikasi Piala Dunia 2018 dalam laga Australia melawan Nepal. Juga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023 anara Kirgistan melawan Oman.

Adapun di Liga 1 musim ini Bangbang bertugas dalam 17 pertandingan dimana 4 diantaranya terjadi di 4 pekan terakhir secara berturut-turut.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network