Profil Haykal Alhafiz, Pemain Liga 2 di Timnas U-22 SEA Games 2023

"Musim depan main untuk PSIS Semarang. Siapa dia?"

Biografi | 23 April 2023, 20:36
Profil Haykal Alhafiz, Pemain Liga 2 di Timnas U-22 SEA Games 2023

Libero.id - Ada beberapa kejutan ketika Indra Sjafri mengumumkan skuad final timnas U-22 untuk SEA Games 2023. Selain pencoretan Hokky Caraka, masuknya pemain Liga 2 dari Persikab Kabupaten Bandung menuai tanda tanya. Dia adalah Haykal Alhafiz. Siapa dia?

Ketika memasukkan nama Haykal Alhafiz, Indra Sjafri memiliki alasan tersendiri untuk menjelaskan pilihannya kepada publik. Sebab, bek kiri yang baru saja diboyong PSIS Semarang itu tidak punya pengalaman main di level atas. Selama ini, dia adalah anggota Persikab Kabupaten Bandung di Liga 2.

Lebih aneh lagi, sejak Liga 2 dihentikan karena tragedi Kanjuruhan, Haykal Alhafiz sama sekali tidak tampil di kompetisi resmi yang kompetitif. Itu membuat banyak pendukung Garuda Muda heran.

"Jadi, memang ada individu pemain yang hatinya ada di sepakbola. Tidak ada pertandingan, (tidak ada) kompetisi, (tapi) dia tetap latihan. Karena memang pelatihan bisa dilakukan sendiri, terutama untuk menjaga kebugaran," kata Indra Sjafri saat menjawab pertanyaan awak media tentang Haykal Alhafiz.

"Itulah (latihan mandiri) yang dilakukan pemain-pemain, yang komitmennya terhadap sepakbola benar-benar bagus. Dan, itu ada dalam diri Haykal," tambah Direktur Teknik PSSI.

Selain konsistensi selama pemusatan latihan timnas U-22, Haykal Alhafiz mampu membuat Indra Sjafri terkesan di sejumlah pertandingan uji coba, termasuk melawan Lebanon.

"Ini, Haykal. Dia menunjukkan Liga 2 juga berkontribusi. Dan, dia membuktikan bisa tembus. Itu dengan beberapa kali uji coba, dengan konsistensinya. Hampir semua orang (tim pelatih timnas U-22) sepakat dia masuk (dalam skuad utama SEA Games 2023)," ungkap Indra Sjafri.

Lalu, siapa Haykal Alhafiz? Lahir di Sidoarjo, 24 Maret 2001, pemilik nama lengkap Mohammad Haykal Alhafiz memulai karier dari klub lokal di kampung halamannya, Persida Sidoarjo dan Persebaya Surabaya. Kemudian, terpilih membela Jawa Timur di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua.

Berpostur 172 cm, bek kiri itu kemudian membela Persikab Kabupaten Bandung setelah PON 2021 berakhir. Hanya sempat bermain enam kali sebelum Liga 2 2022/2023 stop, Haykal Alhafiz akan bermain membela PSIS Semarang di Liga 1 2023/2024.

Dan, dengan Pratama Arhan yang diizinkan gabung oleh Tokyo Verdy, Haykal Alhafiz tampaknya hanya akan jadi penghangat bangku cadangan selama SEA Games 2023.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network