Profil Jonathan Bustos, Bintang Borneo FC Merapat ke PSS Sleman

"Siapa dia? Inilah sepak terjang pemain Argentina itu."

Biografi | 26 April 2023, 21:33
Profil Jonathan Bustos, Bintang Borneo FC Merapat ke PSS Sleman

Libero.id - Teka-teki masa depan Jonathan Bustos akhirnya terungkap. Setelah banyak yang terkejut karena dilepas Borneo FC, pemain Argentina itu dikaitkan dengan Persija Jakarta. Ternyata, gelandang serang berusia 28 tahun tersebut memilih berseragam PSS Sleman.

Dalam pernyataan resminya, PSS Sleman mengumumkan kedatangan dua pemain berdarah Argentina. Pertama, Jonathan Bustos. Kedua, Esteban Vizcarra, yang berstatus naturalisasi, dan musim lalu membela Madura United.

Dua pemain itu dinilai punya kemampuan untuk membantu Super Elang Jawa bangkit setelah terpuruk di Liga 1 2022/2023. "Keduanya sudah memiliki pengalaman berkarier di Liga Indonesia. Menurut saya, tidak perlu ada adaptasi," kata Komisaris Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Rachmat Makkasau.

Sebelum teken kontrak dengan PSS Sleman, Jonathan Bustos disebut akan bergabung ke Persija Jakarta. Itu karena penampilan bagusnya bersama Pesut Etam. Selama bermukim di Stadion Segiri, Samarinda, Jonathan Bustos mencatatkan 58 penampilan dengan 10 gol.

"Semoga dengan didatangkannya Bustos dan Vizcarra, ini akan menjadi awal baru dari era PSS yang lebih baik. Saya mengajak PSS fans untuk terus menunggu dan bersabar untuk perubahan yang akan kita terus lakukan ke depan," ungkap Rachmat Makkasau.

Jonathan Ezequiel Bustos bukan sosok asing di Indonesia. Lahir di Buenos Aires, 29 Juni 1994, dia adalah pemain sepakbola profesional Argentina yang bermain sebagai gelandang serang atau gelandang sayap.

Jonathan Bustos memulai karier dengan Huracan. Dia melakukan debut senior di Primera B Nacional pada 10 Desember 2011 melawan Gimnasia y Esgrima, yang diikuti dengan gol pertamanya pada April berikutnya dalam kekalahan dari Deportivo Merlo.

Gol selanjutnya dihasilkan Jonathan Bustos versus Atlanta sehingga di musim itu, dia mengakhirinya dengan 11 penampilan dan satu kartu merah. Jonathan Bustos bertahan untuk kampanye 2012/2013 dan 2013/2014. Dia menambahkan 19 penampilan lagi.

Pada 30 Januari 2015, Jonathan Bustos pindah ke Platense di Primera B Metropolitana. Musim keempatnya berakhir dengan promosi, sebelum pindah ke luar negeri membela AEL Limassol di Siprus.

Sempat kembali ke Platense pada 2020, Jonathan Bustos pindah ke Melgar, dan akhirnya sampai di Indonesia. Pertama kali tiba di Borneo FC pada 2021. Dia bermain sampai 2023. Dan, untuk musim 2023/2023, Jonathan Bustos memutuskan berseragam hijau PSS Sleman.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network