Kisah Cyrus Margono Bermimpi Main di Piala Dunia 2026 dengan Timnas Indonesia

"Semoga tercapai cita-cita muliamu, nak.."

Feature | 03 May 2023, 15:26
Kisah Cyrus Margono Bermimpi Main di Piala Dunia 2026 dengan Timnas Indonesia

Libero.id - Keran naturalisasi pemain keturunan Indonesiabenar-benar dimanfaatkan sejumlah pesepakbola diaspora untuk mengabdi ke kampung halaman. Salah satunya Cyrus Margono. Bahkan, pemuda kelahiran Amerika Serikat (AS) itu punya mimpi bermain di Piala Dunia 2026 dengan logo Garuda di dada.

Cyrus Margono dalam perjalanan mendapatkan status WNI. Demi memuluskan itu, dia meminta bantuan Hamdan Hamedan untuk berhubungan dengan Kemenkumham RI.

Tidak salah Cyrus Margono meminta bantuan. Meski bukan pengurus PSSI atau pejabat negara, Hamdan Hamedan pernah ditugaskan PSSI membantu beberapa pesepakbola keturunan. Sebut saja Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, hingga tiga calon pemain timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023 yang batal.

Menariknya, meski belum sah menjadi WNI, Cyrus Margono punya mimpi besar bersama timnas Indonesia. Dia berharap bisa membawa kontingen Garuda tampil di Piala Dunia 2026. Kebetulan, turnamen itu digelar di negara tempatnya lahir.

"Ayah saya orang Indonesia. Dia lahir di Bali dan besar di Surabaya. Nama Cyrus berasal dari Bahasa Persia (Iran), asal ibu saya. Nama Margono dipilih oleh kakek saya, berasal dari nama awal nenek. Saya rasa itu nama Jawa," ujar Cyrus Margono dalam wawancara dengan Roy Ricardo di laman Youtube, KRTV.

Sebagai orang blasteran Indonesia-Iran, yang lahir di Negeri Paman Sam, otomatis Cyrus Margono punya hak membela tiga tim nasional anggota FIFA.

Tapi, darah Indonesia ternyata mengalir kebih deras di tubuh Cyrus Margono. Sejak kecil, dia sering berkunjung ke kampung ayahnya. Itu membuat ikatan emosi Cyrus Margono dengan Indonesia mengalahkan AS maupun Iran.

"Sejak usia 3 tahun, hampir setiap musim panas, (keluarga) kami berkunjung ke Indonesia. Jakarta, Surabaya, Bali, dan tempat lain, selama sebulan. Itu sampai usia saya 11 tahun. Jadi, terakhir saya ke Indonesia sekitar 9-10 tahun lalu," beber Cyrus Margono.

Uniknya, Cyrus Margono hanya tertarik dan bercita-cita main di timnas Garuda. Dirinya sama sekali tidak memikirkan rencana membela salah satu klub Liga Indonesia.

"Saya berharap main di timnas Indonesia. Tapi, saya belum terpikir main di Liga Indonesia, meski sudah semakin bekembang. Saya berjuang untuk bisa ke Eropa. Jadi, sekarang yang terbaik untuk karier saya adalah bertahan di Eropa," ungkap Cyrus Margono.

"Target jangka pendek saya bermain untuk tim utama Panathinaikos. Saya yakin suatu hari nanti bisa jadi kiper utama Panathinaikos. Setelahnya, saya bermimpi main di Liga Champions. Bersama Panathinaikos, ada peluang untuk itu. Lalu, Piala Dunia. Saya harap pada Piala 2026 bisa tampil di sana bersama jersey Indonesia," tutup Cyrus Margono.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network