Bukan Pertama, Bendera Terbalik Pernah Terjadi pada SEA Games 2017 di Malaysia

"Saat itu, tensinya cukup panas. Masih ingat?"

Feature | 06 May 2023, 14:00
Bukan Pertama, Bendera Terbalik Pernah Terjadi pada SEA Games 2017 di Malaysia

Libero.id - Enam tahun sebelum SEA Games 2023 menuai kontroversi akibat bendera Merah-Putih terbalik di pre show opening ceremony SEA Games 2023, insiden serupa muncul di SEA Games 2017. Ketika itu, bendera Merah-Putih juga terbalik pada buku panduan SEA Games di Malaysia.

Entah sengaja atau tidak, Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) baru saja menghebohkan Indonesia dengan pengibaran bendera Merah-Putih terbalik.

NOC Indonesiaselaku pihak yang mengirimkan kontingen Garuda ke SEA Games 2023 langsung bergerak cepat dengan melakukan protes keras. Kamboja juga merepons dengan cepat, meminta maaf, dan memasang bendera yang benar saat acara inti pembukaan SEA Games 2023.

Ini seperri deja vu SEA Games 2017. Ketika itu, rakyat Indonesia digemparkan insiden bendera Merah-Putih terbalik di dalam buku panduan SEA Games 2017. Pada buku itu, bendera Indonesia digambarkan dengan sebagai "putih-merah".

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) saat itu, Imam Nahrawi, mengungkapkan kekecewaan melalui Twitter resminya dan menyayangkan insiden tersebut. Hal yang sama dilakukan rakyat Indonesia di dunia maya. Mereka memasang tagar #ShameOnYouMalaysia.

Protes resmi langsung dilayangkan dan Malaysia merepons dengan cukup baik. Pemerintah Malaysia melalui Kementerian Belia dan Sukan mengeluarkan pernyataan resmi permohonan maaf kepada Indonesia.

"Kami ingin meminta maaf secara tulus kepada rakyat Indonesia karena kesalahan yang tidak disengaja dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku cinderamata tersebut," bunyi pernyataan Pemerintah Malaysia terkait insiden bendera Merah-Putih terbalik.

"Pengurus Malaysia SEA Games Organising Committee (MASOC) dan Menteri Belia dan Sukan, Khairy Jamaluddin, akan berkunjung ke Menpora Indonesia, Imam Nahrawi, untuk meminta maaf mewakili MASOC. Kami sangat menyesali kesalahan ini dan percaya hubungan erat antara kedua negara bisa lebih diperkuat di bawah semangat SEA Games," lanjut pernyataan itu.

Pernyataan tersebut dikeluarkan secara resmi pada 19 Agustus 2017 oleh Malaysia SEA Games Organising Committee (MASOC). Dan, Pemerintah Indonesia kemudian menerima permintaan maaf tersebut.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network