Prediksi Starting XI Timnas U-22 Lawan Timor Leste di Laga Ketiga SEA Games 2023

"Atas nama variasi taktik, sudah saatnya Marselino rehat sejenak."

Analisis | 06 May 2023, 18:53
Prediksi Starting XI Timnas U-22 Lawan Timor Leste di Laga Ketiga SEA Games 2023

Libero.id - Setelah membungkam Filipina dan Myanmar, timnas U-22 asuhan Indra Sjafri akan bertemu timnas Timor Leste U-22 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu (7/5/2023) pukul 16.00 WIB. Melihat kualitas lawan dan jadwal, seharusnya beberapa pemain kunci istirahat.

Indonesia menjalani dua pertandingan pertama di Grup A SEA Games 2023 dengan hasil yang cukup bagus. Permainan anak-anak Garuda Muda juga pantas dipamerkan.

Dalam pertandingan melawan Filipina maupun Myanmar, terlihat jelas ada sejumlah pemain yang sangat diandalkan Indra Sjafri. Contohnya, Marselino Ferdinan, Ernando Ari Sutaryadi, dan Rizky Ridho Ramadhani. Bersama Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Alfeandra Dewangga, Ramadhan Sananta, mereka selalu masuk line-up.

Namun, dengan lawan yang "hanya" Timor Leste dan masih ada Kamboja di pertandingan terakhir Grup A serta semifinal maupun final, ada baiknya rotasi kembali dilakukan Indra Sjafri.

Melawan Timor Leste, Marselino Ferdinan, Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho Ramadhani, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Alfeandra Dewangga, Ramadhan Sananta sebaiknya tidak masuk starting line-up. Biarkan mereka istirahat atau dimainkan di babak kedua.

Khusus Marselino Ferdinan, Indra Sjafri punya kewajiban mengistirahatkannya. Bukan semata soal kebugaran, melainkan juga taktik. Sebab, terlihat jelas ketergantungan Garuda Muda pada Marselino Ferdinan.

Dengan membiarkan Marselino Ferdinan duduk di bangku cadangan, Indra Sjafri bisa mencari strategi alternatif. Tujuannya, taktik timnas U-22 tidak terbaca Thailand, Vietnam, atau Malaysia. Selain itu, jika Marselino Ferdinan dimatikan, Indra Sjafri punya solusi pemain lain maupun cara bermain yang berbeda.

Ini penting karena di semifinal dan final akan menghadapi lawan yang lebih cerdik seperti Thailand, Vietnam, atau Malaysia.

Artinya, untuk penjaga gawang, Adi Satryo bisa main. Lalu, lini belakang ada Ilham Rio Fahmi, Komang Teguh Trisnanda, Muhammad Ferarri, Haykal Alhafiz. Di tengah ada Beckham Putra Nugraha, Ananda Raehan, Taufany Muslihuddin. Dan, di depan ada Irfan Jauhari, Titan Agung, Jeam Kelly Sroyer.

Kalau Indra Sjafri tidak berani mengambil risiko, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, dan Ramadhan Sananta bisa tetap dimainkan. Atau, main dengan skuad inti di babak pertama, cetak 2-3 gol, lalu mainkan pemain cadangan di babak kedua.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network