Kapan Liga Indonesia Terapkan VAR? Catat Hari dan Tanggalnya

"Kabar gembira bagi penggemar liga lokal.."

Viral | 07 May 2023, 15:28
Kapan Liga Indonesia Terapkan VAR? Catat Hari dan Tanggalnya

Libero.id - Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) menjadi salah satu janji Erick Thohir ketika mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI. Perlahan dan pasti, janji tersebut akan segera dipenuhi Menteri Negara BUMN.

Di era modern, penggunaan VAR wajib hukumnya. Bukan hanya ajang FIFA seperti Piala Dunia 2022 atau hajatan UEFA macam Liga Champions, VAR juga sudah digunakan banyak liga sepakbola ternama dunia seperti Liga Premier di Inggris, La Liga di Spanyol, Serie A di Italia, atau Bundesliga di Jerman.

Bukan hanya Benua Biru, VAR di kompetisi domestik juga sudah sampai ke Asia Tenggara. Thailand dan Singapura jadi dua negara ASEAN yang sudah melakukannya. Sementara Vietnam dan Malaysia dalam proses.

Lalu, kapan Liga Indonesia menyusul? Erick Thohir menyebut penggunaan VAR di kompetisi dalam negeri akan dilakukan segera. Tapi, penerus Iwan Bule itu meminta masyarakat bersabar. Sebab, saat kick-off Liga Indonesia 2023/2024 pada 1 Juli 2023, VAR belum akan digunakan.

"Mudah-mudahan juga sistem VAR akan diberlakukan. Tapi, di pertengahan musim," ujar Erick Thohir, dilansir situs resmi PSSI.

Erick Thohir menyampaikan kepastian penggunaan VAR untuk Liga Indonesia 2023/2024 merupakan kesepakatan antara PSSI dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Erick Thohir menilai VAR akan menjadi solusi dalam mengatasi kontroversi yang sering terjadi dalam pertandingan karena kekeliruan wasit dalam pengambilan keputusan.

Tapi, Erick Thohir juga menegaskan, penggunaan VAR memerlukan waktu. Sebab, harus ada pelatihan dan adaptasi kepada seluruh perangkat-perangkat pertandingan. "Ini (VAR) tidak mungkin di awal musim langsung ada VAR. Kesepakatan dengan PT LIB, VAR di pertengahan musim," ungkap Erick Thohir.

Erick Thohir menyampaikan, PSSI sedang berdiskusi dengan PT LIB terkait stadion mana saja yang bisa menjadi percontohan penggunaan VAR. Sebab, tidak semua arena pertandingan yang bisa digunakan menempatkan alat VAR.

"Paling tidak uji coba dulu. Kita tidak bisa melakukan sesuatu langsung sempurna. Anggap saja tahun ini (2023/2024) percobaan dulu. Tahun depan (2024/2025) akan lebih maksimal. Membangun itu bertahap. Tidak bisa langsung jadi. Saya orang yang sangat detail. Saya ingin memastikan ini berjalan baik," pungkas Erck Thohir.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network