Inilah Perkembangan Marselino Ferdinan versi Asisten Pelatih Timnas Indonesia

"Konon, semakin matang. Benarkah?"

Analisis | 09 May 2023, 06:30
Inilah Perkembangan Marselino Ferdinan versi Asisten Pelatih Timnas Indonesia

Libero.id - Jadi pemain abroad di Eropa benar-benar mendewasakan Marselino Ferdinan. Hanya dalam waktu beberapa bulan setelah meninggalkan Persebaya Surabaya, Lino terlihat semakin matang. Hal itu bisa dilihat dari penampilan anak muda KMSK Deinze selama fase grup SEA Games 2023.

Penampilan Marselino Ferdinan pada pertandingan timnas U-22 melawan Filipina, Myanmar, dan Timor Leste sangat bagus.

Meski tidak sempat ikut pemusatan latihan dan uji coba prakompetisi di Jakarta, Marselino Ferdinan terlihat sangat menonjol. Pergerakan, manuver, umpan, hingga eksekusi yang dilakukan membawa Indonesia memenangkan tiga pertandingan yang dijalani dengan produksi 11 gol.

Kualitas Marselino Ferdinan ikut menaikan level permainan timnas U-22, yang saat uji coba melawan Lebanon di Jakarta menuai banyak kritikan para pengamat.

Hipotesis bahwa Marselino Ferdinan berkembang sangat pesat dalam beberapa bulan di Belgia mendapatkan pembenaran asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto. Salah satu pembantu Shin Tae-yong itu menyebut ada tiga aspek peningkatan yang positif dalam diri Marselino Ferdinan.

Pertama, kedewasaan dan kepercayaan diri. Menurut mantan pemain Persebaya Surabaya itu Marselini Ferdinan semakin matang seiring jam terbang yang didapatkan dari KMSK Deinze.

"Marselino kini semakin percaya diri dengan banyaknya pertandingan internasional bersama timnas U-20, dan kini berkarier di luar negeri. Saya juga melihat bahwa dia sudah semakin dewasa dan percaya diri. Itu membantu performa Marselino hingga menjadi seperti sekarang ini," ungkap Nova Arianto dalam sebuah kesempatan.

Hal lain yang membuat Nova Arianto kagum adalah mentalitas Marselino Feredinan. Gol pembuka Marselino Ferdinan ke gawang Filipina dan Myanmar dijadikan bukti. Dengan gol itu, timnas U-22 mampu melepas kebuntuan dengan memproduksi gol demi gol.

"Saya harap Marselino Ferdinan harus terus belajar dan jangan cepat puas, agar bisa tampil lebih maksimal dan membantu timnas U-22 lolos ke final SEA Games 2023 (dan juara)," tutup Nova Arianto.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network