Rapor Pemain Timnas U-22 pada 3 Pertandingan Grup A SEA Games 2023

"Semua sudah main kecuali Haykal Alhafiz."

Analisis | 09 May 2023, 08:11
Rapor Pemain Timnas U-22 pada 3 Pertandingan Grup A SEA Games 2023

Libero.id - Timnas Indonesia U-22 memastikan satu tiket semifinal SEA Games 2023 seusai mengalahkan timnas Timor Leste U-22 3-0. Ini berarti Garuda Muda belum terkalahkan dan belum kemasukan. Atas prestasi ini, para pemain layak mendapatkan pujian.

Indonesia menjawab keraguan suporter yang melontarkan banyak kritik setelah hasil uji coba melawan Lebanon dengan penampilan bagus di tiga pertandingan awal SEA Games 2023.

Garuda Muda mendapatkan kemenangan 3-0 atas Filipina, 5-0 atas Myanmar, dan 3-0 atas Timor Leste. Beberapa pemain tampil bagus menjadi sebuah unit permainan yang solid di semua sektor lapangan.

Nah, berikut ini rapor pemain-pemain timnas U-22 yang tampil pada tiga pertandingan awal fase grup. Semua pemain sudah tampil kecuali Haykal Alhafiz, yang mungkin baru akan main melawan Kamboja.

Ernando Ari Sutaryadi (8)

Clean sheets melawan Filipina dan Myanmar, serta membuat beberapa penyelamatan membuat Ernando Ari Sutaryadi layak menjadi salah satu pemain terbaik Garuda Muda.

Adi Satryo  (7)

Pelapis Ernando Ari Sutaryadi ini tak mendapat ujian yang benar-benar menyulitkan saat lawan Filipina. Adi Satryo bermain tenang dan tetap sigap berada di bawah mistar gawang.

Rizky Ridho Ramadhani (8)

Pengalaman sang kapten Rizky Ridho Ramadhani terbukti ampuh saat menghentikan serangan-serangan lawan. Dia berperan besar membuat gawang Ernando Ari Sutaryadi perawan. Jika ada noda, itu adalah kegagalan penalti melawan Filipina. Tapi, itu minor.

Komang Teguh Trisnanda (6,5)

Timor Leste jadi starting line-up pertama Komang Teguh Trisnanda. Tapi, saat melawan Filipina, dia masuk di menit 90 dan merumput beberapa menit.

Muhammad Ferarri (6,5)

Muhammad Ferarri masuk starting line-up menghadapi Myanmar. Hasilnya, cukup bagus, dengan tidak ada gol yang bersarang ke jala Ernando Ari Sutaryadi.

Ilham Rio Fahmi (7)

Mencatatkan dua assist di laga melawan Filipina. Lalu, diistirahatkan melawan Myanmar. Itu membuat publik banyak berharap lebih kepada bek sayap Persija Jakarta di laga melawan Timor Leste. Tapi, hasilnya biasa-biasa saja.

Pratama Arhan (7)

Pratama Arhan yang sekarang tampak berbeda dengan Pratama Arhan 2-3 tahun lalu. Manuvernya biasa-biasa saja. Lemparan ke dalam yang dilakukan juga tidak banyak menjadi assist.

Bagas Kaffa (6,5)

Bagas Kaffa masuk starting line-up melawan Myanmar. Penampilannya biasa-biasa. Tidak ada yang istimewa.

Alfeandra Dewangga (7)

Alfeandra Dewangga main sebagai bek tengah saat lawan Filipina. Tapi, menjadi gelandang bertahan menghadapi Myanmar dan Timor Leste. Penampilannya bagus kecuali kartu kuning tidak perlu menghadapi Timor Leste.

Ananda Raehan (7)

Bermain di posisi No.8 merupakan tempat terbaik bagi Ananda Raehan. Pemotong serangan lawan. Itu juga yang dilakukan saat menghantarkan PSM Makassar juara Liga 1 2022/2023. Dia juga mengerjakan hal yang sama di SEA Games 2023.

Marselino Ferdinan (9)

Marselino Ferdinan adalah pemain paling penting di lini tengah Indonesia. Pergerakan, umpan, dan tendangan ke gawang banyak membantu Garuda Muda mendapatkan kemenangan. Dirinya juga sudah menyumbang dua gol, meski tidak sempat ikut latihan di Jakarta.

Beckham Putra Nugraha (6,5)

Menjadi pengganti Marselino Ferdinan di babak kedua, penampilan Beckham Putra Nugraha lumayan. Beberapa kali nyaris menciptakan gol.

Taufany Muslihuddin (6,5)

Sering menjadi pemain pengganti Taufany Muslihuddin bermain lumayan. Lihat saja kerjasamanya dengan Irfan Jauhari yang berujung gol ke gawang Filipina.

Witan Sulaeman (5)

Witan Sulaeman adalah satu-satunya pemain timnas U-22 yang layak mendapatkan nilai 5. Selalu masuk starting line-up, tapi mengecewakan. Buktinya, belum ada gol yang tercipta. Dia juga selalu diganti di babak kedua.

Jeam Kelly Sroyer (6)

Jeam Kelly Sroyer menjadi starting line-up di laga pertama melawan Filipina. Tapi, dia diganti di babak kedua. Selanjutnya, pada dua pertandingan melawan Myanmar dan Timor Leste, dia duduk di bench untuk main di babak kedua.

Fajar Fathur Rahman (8,5)

Selain Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rahman adalah pemain terbaik kedua Indonesia di SEA Games 2023. Total, 4 gol dihasilkan pemain Borneo FC. Itu membuat jebolan timnas U-16 asuhan Fakhri Husaini menjadi top skor sementara.

Ramadhan Sananta (8)

Keran gol yang terbuka lebar membuat keraguan terhadap kemampuan Ramadhan Sananta terhapus. Timnas Indonesia senior tidak perlu pusing lagi mencapi pemain No.9 murni. Striker PSM Makassar bisa jadi andalan di masa depan.

Titan Agung (6,5)

Pemuda Bhayangkara FC ini sudah ikut mencetak gol di SEA Games 2023. Itu bagus karena Titan Agung memang diandalkan menjadi pencetak gol Garuda Muda.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network