GBK, Gelora Buat Konser? Agenda FIFA Matchday Timnas Indonesia Terancam Konser Coldplay

"Rakyat Indonesia kembali terbelah. Fans Coldplay vs suporter timnas.."

Viral | 10 May 2023, 12:09
GBK, Gelora Buat Konser? Agenda FIFA Matchday Timnas Indonesia Terancam Konser Coldplay

Libero.id - Timnas Indonesiaterancam tidak akan bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, untuk menggelar FIFA Matchday. Sebab, dari jadwal penyewaan stadion kebanggaan Indonesia itu, akan ada konser Coldplay ketika jeda internasional November 2023.

Secara berkala, FIFA menyelenggarakan pertandingan-pertandingan internasional antarnegara dalam tajuk FIFA Matchday. Setiap tahun, ada beberapa kalender yang disusun dan bisa digunakan para anggotanya.

PSSI sebagai salah satu asosiasi anggota FIFA memiliki agenda menyelenggarakan pertandingan-pertandingan tersebut. Biasanya, skuad Garuda akan bermain di stadion kebangaan, SUGBK. Tapi, tidak menutup kemungkinan di tempat lain seperti Bekasi, Cibinong, Bandung, Gianyar, atau Surabaya.

Untuk FIFA Matchday edisi Juni 2023, PSSI memastikan pertandingan melawan timnas Palestina akan berlangsung di Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Kemudian, jika deal dengan Lionel Messi dkk, pertandingan diselenggarakan di SUGBK.

Tapi, bukan hanya Juni 2023. Agenda FIFA yang akan dijalani Indonesia juga akan berlangsung pada September 2023 dan November 2023. Memang belum ada tim yang diundang pada pertandingan tersebut. Hanya saja potensi timnas Garuda bermain di SUGBK sangat besar.

Masalahnya, saat FIFA Matchday edisi November 2023, SUGBK sudah dipesan untuk konser musik band papan atas dunia, Coldplay. Grup beranggotakan Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion akan konser pada 15 November 2023.

Agenda Coldplay pentas di Jakarta ternyata bertepatan dengan FIFA Matchday, 13-21 November 2023. Artinya, pasukan Shin Tae-yong tidak mungkin bermain di SUGBK pada tanggal tersebut.

Berkaca pada pengalaman konser Blackpink, Maret 2023, timnas Indonesia harus menyingkir dari SUGBK. Tim Garuda harus mengalah saat melakoni dua FIFA Matchday melawan Burundi. Pertandingan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Sebelum Blackpink, agenda PSSI di SUGBK juga diganggu konser Raisa. Saat itu, pada turnamen mini internasional U-20 untuk pemanasan Piala Dunia U-20 2023, timnas U-20 bermain di bawah panggung raksasa Raisa

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network