Hitam atau Merah? Rapor 7 Jebolan SEA Games 2021 di SEA Games 2023

"Ada yang bagus. Ada juga yang jelek."

Analisis | 10 May 2023, 15:59
Hitam atau Merah? Rapor 7 Jebolan SEA Games 2021 di SEA Games 2023

Libero.id - Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri menyelesaikan fase grup SEA Games 2023 dengan menghadapi Kamboja. Kini, Garuda Muda harus bersabar menanti lawan di babak 4 besar, apakah timnas Thailand U-22 atau timnas Vietnam U-22. Siapa pun lawannya, sama saja berat.

Garuda Muda menjalani sejumlah pertandingan di Phnom Penh dengan hasil yang layak dibanggakan. Itu membuat banyak orang optimistis dengan medali emas perdana dalam 32 tahun.

Selain strategi rotasi Indra Sjafri yang cukup berjalan mulus, keberadaan sejumlah pemain yang telah memiliki caps senior juga banyak membantu. Apalagi, beberapa nama di antaranya sempat mendapatkan pengalaman bermain pada SEA Games 2021 dengan hasil medali perunggu.

Nah, berikut ini rapor 7 pemain timnas U-22 yang tampil di SEA Games 2021 dan sekarang ambil bagian di SEA games 2023:

1. Witan Sulaeman (6)

Witan Sulaeman benar-benar menyisakan tanda tanya. Seperti di timnas senior, pemain Persija Jakarta ini loyo. Apa gerangan yang membuat Witan Sulaeman belum bisa menunjukkan kualitasnya?

Selalu dipercaya jadi pilihan utama di sayap kiri. Tapi, Witan Sulaeman juga selalu ditarik keluar di babak kedua. Belum ada gol atau asisst yang datang dari kreasi pemain mantan pemain FK Senica itu. Padahal, pada edisi sebelumnya Witan Sulaeman mencetak 3 gol dan bermain sangat memuaskan.

2. Irfan Jauhari (7)

Irfan Jauhari moncer sebagai supersub. Sering main di babak kedua sebagai pengganti Witan Sulaeman atau Ramadhan Sananta, pemain Persis Solo itu menunjukkan tajinya. Bukan tidak mungkin, Irfan Jauhari akan jadi penentu kemenangan Indonesia di semifinal atau final.

3. Ilham Rio Fahmi (7)

Ilham Rio Fahmi mendapat pujian yang tinggi dengan dua assist nya saat melawan Filipina. Lalu, sempat istilahkan melawan Myanmar. Tapi, penampilan Ilham Rio Fahmi justru melempem saat melawan Timor Leste. Itu berarti konsistensi menjadi hal yang diminta dari pemuda Persija Jakarta.

4. Alfeandra Dewangga (7,5)

Alfreandra Dewangga bermain dalam dua posisi di SEA Games 2023, yaitu bek tengah dan gelandang bertahan. Peran itu juga dijalani di SEA Games 2021 maupun saat di timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong. Kecuali kartu kuning melawan Timor Leste, secara umum pemain PSIS Semarang itu memuaskan.

5. Rizky Ridho Ramadhani (8)

Rizky Ridho Ramadhani tampil keren sebagai kapten timnas U-22. Kematangan, pengalaman, dan kemampuan melakukan intersep membuat pemain baru Persija Jakarta itu tampak dominan di belakang. Dirinya juga sangat bertanggung jawab pada posisinya.

6. Ernando Ari Sutaryadi (8)

Penampilan Ernando Ari Sutaryadi dalam dua laga awal saat menang melawan Filipina dan Myanmar layak diancungi dua jempol. Kiper Persebaya Surabaya itu selalu tampil solid untuk mencegah kebobolan.

7. Marselino Ferdinan (9)

Marselino Ferdinan tidak perku diragukan lagi merupakan tulang punggung Garuda Muda. Dia ada di mana-mana. Dia sangat mobile. Umpan, tendangan, dan manuver luar biasa. Marselino Ferdinan juga menjadi pemecah kebuntuan. Jadi, cukup riskan jika Marselino Ferdinan absen di semifinal dan final.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network