Kocak! Media Vietnam Kritik Indonesia Gunakan Pemain Keturunan di Piala Asia 2023

"Siapa pun pemainnya, itu hak Indonesia. Bukan urusan Vietnam."

Viral | 13 May 2023, 13:03
Kocak! Media Vietnam Kritik Indonesia Gunakan Pemain Keturunan di Piala Asia 2023

Libero.id - Bertemunya timnas Vietnam dan Indonesia di Grup D Piala Asia 2023 mencemaskan pengamat, pendukung, dan media Vietnam. Mereka khawatir skuad Garuda tampil beda saat turnamen digelar di Doha, khususnya keberadaan pemain keturunan yang baru menyelesaikan proses naturalisasi.

Piala Asia 2023 akan dihelat di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. Timnas Indonesia memulai debut pertandingan pada 15 Januari 2024 melawan Irak. Lalu, Vietnam di laga kedua, 19 Januari 2024. Terakhir, Jepang, 23 Januari 2024.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia kesulitan menghadapi Vietnam di banyak ajang senior. Sebut saja Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Lalu, Piala AFF 2020 dan Piala AFF 2022. Ada lagi di SEA Games 2019 dan SEA Games 2021.

Namun, situasinya berpotensi berubah ketika Piala Asia 2023 digelar awal tahun depan. Pasalnya, Shin Tae-yong akan bisa menggunakan tenaga beberapa pemain keturunan berbasis di Eropa yang sudah menyelesaikan proses naturalisasi maupun perpindahan asosiasi.

Keuntungan itu ternyata membuat sebuah media Vietnam, Soha VN, melancarkan kritik pedas. Media yang sering menyoroti sepakbola Indonesia itu menyebut Shin Tae-yong bakal menggunakan starting line-up yang terdiri dari 100 persen pemain keturunan.

Mereka menyebutkan nama Kevin Diks Bakarbessy (FC Copenhagen), Tijjani Reijnders (AZ Alkmaar), Jay Idzes (ADO Den Haag), Thom Haye (SC Heerenveen), Ragnar Oratmangoen (FC Groningen), Emil Audero Mulyadi (Sampdoria), hingga Mees Hilgers (FC Twente).

Mereka akan menambah kualitas empat pemain naturalisasi yang sudah ada, seperti Jordi Amat, Marc Klok, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Sayangnya kritikan media Vietnam tersebut salah besar. Faktanya, Shin Tae-yong hanya akan mendapatkan tambahan empat pemain keturunan untuk Piala Asia 2023. Mereka adalah Sandy Walsh dan Shayne Pattynama, serta dua mantan pemain timnas U-20 proyeksi Piala Dunia U-20 2023, Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Nama-nama seperti Kevin Diks Bakarbessy, Tijjani Reijnders, Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Emil Audero Mulyadi, dan Mees Hilgers tidak masuk rencana Shin Tae-yong. Penambahannya kemungkinan adalah kiper Panathinaikos B, Cyrus Margono, yang kini sedang proses memperoleh paspor Garuda lagi.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network