Profil Songchai Thongcham, Pemain Thailand yang Minta Fans Indonesia Tak Datang ke Stadion

"Entah serius atau bercanda, yang pasti kocak. Siapa dia?"

Biografi | 16 May 2023, 02:05
Profil Songchai Thongcham, Pemain Thailand yang Minta Fans Indonesia Tak Datang ke Stadion

Libero.id - Pemain timnas Thailand U-22, Songchai Thongcham, mendadak jadi pembicaraan netizen +62 jelang pertandingan final SEA Games 2023 yang melibatkan Indonesia. Bek Chonburi FC mengeluarkan pernyataan soal pendukung Garuda yang disarankan tidak datang ke Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023).

Awalnya, Songchai Thongcham memprotes jadwal pertandingan SEA Games 2023 yang lebih menguntungkan tim-tim di Grup A. Itu karena tim dari Grup B hanya punya waktu satu hari. Sementara di Grup A dua hari.

"Mulai sekarang, kita harus bergegas dan memulihkan diri. Karena pertandingan yang cukup sering , membuat badan saya sangat lelah. Saya memiliki dua hari lagi untuk melakukan yang terbaik sebelum pertandingan (final SEA Games 2023)," ujar Songchai Thongcham, dilansir Siamsport.

Meski mengeluhkan kelelahan, Songchai Thongcham tetap memastikan timnya bakal tampil habis-habisan meraih medali emas SEA Games 2023. "Pertandingan terakhir, saya akan bermain habis-habisan. Satu-satunya tujuan adalah memenangkan kejuaraan," ungkap Songchai Thongcham.

Untuk menunjang misi Thailand, Songchai Thongcham memberikan komentar kocak. Dia meminta suporter Indonesia untuk tidak banyak-banyak datang ke Olympic Stadium, Phnom Penh, untuk menyaksikan laga final. Sebab, Thailand lebih takut suporter Merah-Putih dibanding Marselino Ferdinan dkk,

"Saya minta suporter Indonesia tidak banyak datang ke stadion. Tapi, untuk fans Thailand silakan datang," ucap Songchai Thongcham.

Pernyataan kocak Songchai Thongcham mendapatkan berbagai tanggapan dari netizen +62. Ada yang serius merepons. Tapi, banyak juga yang menganggapnya candaan yang mencairkan ketegangan sebelum pertandingan klasik Indonesia melawan Thailand.

Pertanyaannya, siapa Songchai Thongcham itu? Songchai Thongcham adalah pemain sepakbola Thailand yang berposisi sebagai bek tengah dan membela klub Thai League 1, Chonburi FC. Lahir di Chonburi, 9 Juni 2001, Songchai Thongcham merupakan produk asli The Shark.

Songchai Thongcham sudah ada di Akademi Chonburi sejak 2013, di usia yang masih belia. Tapi, kontrak profesionalnya terjadi pada 1 Juli 2020. Dua bulan kemudian, dia menjalani debut Thai League 1 saat laga tandang melawa PT Prachuap, 20 September 2020. Saat itu, dia masuk starting line-up dan merumput 90 menit.

Sejak debut yang memuaskan itu, Songchai Thongcham menjadi pemain penting Chonburi. Sejak 2020/2021 hingga 2022/2023, dirinya bermain 56 kali di Thai League 1. Prestasinya membantu Chonburi FC jadi runner-up Piala FA 2020/2021.

Penampilan Songchai Thongcham di klub berlanjut ke tim nasional. Dirinya memang belum memiliki pertandingan senior Thailand. Tapi, Songchai Thongcham sudah bergabung di berbagai timnas junior Negeri Gajah Putih. Dia bermain untuk Thailand U-17, U-19, dan U-23.

Saat final SEA Games 2023 digelar, Songchai Thongcham akan jadi batu karang kokoh yang harus disingkirkan Ramadhan Sananta sebelum mencetak gol ke gawang Soponwit Rakyart atau Thirawoot Sraunson.
 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network