6 Pelatih Sepakbola ini Bawa Timnas Indonesia ke Final SEA Games

"Siapa saja mereka? Ini daftarnya."

Feature | 16 May 2023, 15:48
6 Pelatih Sepakbola ini Bawa Timnas Indonesia ke Final SEA Games

Libero.id - Untuk kesekian kalinya, sepakbola Indonesia berada pada pertandingan final kompetisi sepakbola Asia Tenggara. Setelah Piala AFF 2020, timnas U-22 asuhan Indra Sjafri berada pada pertandingan puncak SEA Games 2023. Lawannya, timnas Thailand U-22 asuhan Issara Sritaro.

Pada sebuah masa, SEA Games pernah menjadi ajang paling bergengsi di Asia Tenggara. Itu terjadi saat tim nasional senior yang bertanding.

Namun, semuanya berubah ketika Piala AFF digulirkan pada 1996. Apalagi, aturan pemain U-23 diterapkan sebelum sekarang menggunakan pemain U-22. Perubahan itu otomatis membuat SEA Games tak ubahnya pertandingan sepakbola biasa di level junior seperti Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, atau Piala AFF U-22.

Sepanjang sejarahnya, sudah ada beberapa pelatih  yang berhasil membawa Indonesia berjuang merebut medali emas. Ada yang sukses. Ada juga yang gagal.

Siapa saja mereka? Berikut ini 6 pelatih sepakbola yang membawa Indonesia berada di pertandingan pamungkas SEA Games:

1. Wiel Coerver

Wiel Coerver menjadi pelatih pertama yang mengantarkan Indonesia ke final SEA Games. Momen bersejarah itu terjadi pada SEA Games 1979. Juru taktik asal Belanda itu memperlihatkan sikap disiplin yang tinggi. Sayang, Indonesia dikalahkan malaysia 0-1.

2. Bertje Matulapelwa

Bertje Matulapelwa adalah pelatih terbaik Indonesia karena membawa Indonesia mencapai semifinal Asian Games 1986. Itu jadi modal bagus di SEA Games 1987. Hasilnya, Ricky Yakobi dkk merebut medali emas SEA Games pertama untuk Indonesia dengan mengalahkan Malaysia 1-0 lewat gol tunggal Ribut Waidi.

3. Anatoli Polosin

Anatoli Polosin selalu dikenang sebagai pelatih yang keras dan disiplin. Hasilnya, Indonesia mendapatkan medali emas SEA Games 1991 setelah mengalahkan Thailand di final.

4. Henk Wullems

Henk Wullems adalah pelatih asal Belanda yang punya kisah sukses dengan Bandung Raya di awal era Liga Indonesia. Kemudian, PSSI menunjuknya sebagai pelatih SEA Games 1997. Sayang, mantan pelatih AZ Alkmaar, NAC Breda, dan Vitesse Arnhem itu gagal membawa Indonesia juara seteolah dikalahkan Thailand di final.

5. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan adalah pelatih timnas U-23 pertama yang membawa Indonesia ke final SEA Games. Itu terjadi pada SEA Games 2011. Sayang, Garuda Muda harus menyerah dari Malaysia melalui adu penalti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

6. Indra Sjafri

Indra Sjafri membawa timnas U-22 mencapai final SEA Games pada dua kesempatan. Peluang pertama didapatkan pada SEA Games 2019 ketika bertemu Vietnam. Dan, yang kedua melawan Thailand di SEA Games 2023.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network