Profil Petteri Pennanen, Eks Pemain Persikabo 1973 yang Mengaku Gajinya Dipotong 75%

"Pemain Finlandia ini punya kisah sedih di Liga Indonesia."

Biografi | 16 May 2023, 21:22
Profil Petteri Pennanen, Eks Pemain Persikabo 1973 yang Mengaku Gajinya Dipotong 75%

Libero.id - Sepakbola Indonesia tidak pernah lepas dari masalah gaji. Salah satu kasus yang ramai diperbincangkan di luar negeri dan cukup memalukan menimpa eks pemain Persikabo 1973 asal Finlandia, Petteri Pennanen.

Belum lama ini, Petteri Pennanen membuat pengakuan mengejutkan di hadapan salah satu media ternama Finlandia, MTV Uutiset. Penyerang berusia 32 tahun itu menceritakan pengalaman bermain sepakbola di luar Finlandia. Salah satu yang dia ceritakan adalah Liga Indonesia.

Sayangnya apa yang dikatakan Petteri Pennanen kepada publik Finlandia adalah cerita yang kurang menggembirakan. Itu terkait Covid-19 dan pemotongan gaji sepihak yang didapatkan di Persikabo 1973.

Petteri Pennanen menyebut Covid-19 membuatnya stres. Sebab, setelah terus menunggu kepastian kapan akan bertanding, dia merasa tidak memiliki harapan lagi melanjutkan karier di Indonesia. Hanya tiga bulan di Indonesia, dia meninggalkan Persikabo 1973, kembali ke Finlandia menggunakan uang pribadinya.

"Saya akhirnya memesan tiket, dan kami akan segera berangkat. Gaji saya datang tepat waktu pada Januari dan Februari (2020). Gaji Maret masuk ke rekening saya dengan potongan 75 persen," ujar Petteri Pennanen kepada MTV Uutiset.

Petteri Pennanen bercerita, Persikabo 1973 memutuskan hal itu secara sepihak tanpa adanya komunikasi. "Belum ada kesepakatan yang dicapai dengan klub. Tapi, sepertinya saya dipersilakan pergi," kata Petteri Pennanen.

Bagi pendukung Persikabo 1973, Petteri Pennanen bukan sosok asing, meski bermain di Stadion Pakansari, Cibinong, dalam waktu relatif singkat. Dia merupakan pemain asal Finlandia yang berlaga di Liga 1 2020. Kariernya tidak berlangsung tak lama. Dia datang pada Januari 2020, dan hanya menjalani 3 laga sebelum Covid-19 datang.

Petteri Pennanen merupakan pemain produk klub lokal KuPS. Dia melakukan debut senior pada 29 April 2007, saat berusia 16 tahun, melawan VIFK. Sebulan kemudian, dia menjadi starter melawan PK-35. Musim itu dia tampil dalam 13 pertandingan tim utama.

Selanjutnya, pada Februari 2009, Petteri Pennanen menandatangani kontrak 2 tahun dengan tim Belanda, FC Twente, bersama rekan setimnya, Tuomas Rannankari. Tapi, dia tidak bermain, dan kemudian pergi pada musim dingin 2021 untuk menandatangani kontrak dengan TPS. Lalu, dia menandatangani kontrak dengan RoPS sebelum musim 2014.

Pada 14 Januari 2020, {etteri Pennanen meninggalkan KuPS dan menandatangani kontrak dengan klub Liga 1, Persikabo 1973. Gara-gara Covid-19 itu, Petteri Pennanen pergi. Pada 2021, dia bergabung klub USL Championship, Sacramento Republic. Sekarang, Petteri Pennanen bermain untuk Ilves.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network