Profil Akira Nashino, Eks Pelatih Timnas Jepang yang Disebut Media Thialand Bakal Jadi Dirtek PSSI

"Gokil sih kalau beneran jadi. Dua alumni Piala Dunia 2018 bersatu."

Biografi | 24 May 2023, 00:18
Profil Akira Nashino, Eks Pelatih Timnas Jepang yang Disebut Media Thialand Bakal Jadi Dirtek PSSI

Libero.id - Beberapa waktu lalu Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut akan mencari sosok baru untuk posisi Direktur Teknik PSSI yang saat ini masih dijabat oleh Indra Sjafri.

Posisi ini menurut Erick Thohir akan diisi oleh yang lebih berpengalaman. Bukan dari local pride melainkan dari luar negeri.

Pelan-pelan kabar tersebut bergulir. Rumor baru telah muncul. Rumor itu malah datang dari media Thailand yakni Thairath yang menyebut sosok Akira Nishino.

Lantas siapakah Akira Nishino?

Seperti yang diketahui Erick Thohir baru saja mewakili PSSI menjalin tanda tangan kerja sama dengan Presiden Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA), Tashima Kohzo di Jepang pada Senin (22/5) lalu.

Maka tersebutlah nama Akira Nishino.

Tak lain merupakan sosok pelatih yang boleh dibilang populer di Negara Matahari Terbit. Mantan pemain timnas Jepang itu pernah menangani Skuad Samurai Biru pada perhelatan Piala Dunia 2018, di mana dirinya membawa Samurai Biru sampai babak 16 besar ----- pada saat yang sama Shin Tae-yong juga melatih Timnas Korea Selatan.

Sebelumnya Akira Nishino juga pernah menjadi pelatih Timnas Jepang level kelompok umur U-20 dan U-23.

Di level klub dirinya pernah menangani tim-tim top  J1 League, seperti Kashiwa Reysol, Gamba Osaka, Vissel Kobe, dan juga Nagoya Grampus.

Ternyata Akira Nishino bukanlah nama baru di sepak bola Asia Tenggara, sebab dirinya pernah dikontrak oleh Federasi Sepak Bola Thailand (FAT)  pada 2019 lalu untuk menjadi pelatih Timnas Thailand U-23 dan senior.

Hanya saja juru taktik berusia 68 tahun itu tak mampu mempersembahkan gelar dan akhirnya kontraknya diputus dan digantikan oleh Mano Polking.
 

"Terdapat laporan bahwa Akira Nishino, mantan pelatih Timnas Thailand akan duduk di kursi baru direktur teknik asosiasi sepak bola Indonesia," tulis pernyataan media Thailand Thairath.

Boleh jadi kabar ini benar adanya. Mengingat Indra Sjafri oleh Erick Thohir sudah dipercaya untuk melanjutkan kiprahnya bersama Skuad Garuda Muda. Misi berikutnya bagi Indra Sjafri adalah berprestasi di Asian Games. Dengan begitu posisi Dirtek PSSI seharusnya difokuskan untuk sosok lain.

Mari kita nantikan kelanjutan kabar ini.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network