5 Pahlawan SEA Games 2023 yang Bisa Dicoba di Timnas Indonesia Senior

"Ini sekedar usul. Semuanya terserah Shin Tae-yong."

Analisis | 24 May 2023, 15:15
5 Pahlawan SEA Games 2023 yang Bisa Dicoba di Timnas Indonesia Senior

Libero.id - Kemenangan timnas U-22 asuhan Indra Sjafri di final SEA Games 2023 memunculkan euforia dari para pendukung Garuda Muda. Banyak yang menyarankan Shin Tae-yong memberi kesempatan kepada beberapa pemain SEA Games untuk mencicipi timnas Indonesia pada FIFA Matchday edisi Juni 2023.

Pekan lalu, Indonesia mendapatkan medali emas SEA Games pertama dalam 32 setelah menjalani pertandingan keras dan panas melawan Thailand.

Kini, para pemain telah kembali ke klub masing-masing, dan beberapa nama di antaranya akan dipanggil untuk FIFA Matchaday edisi Juni 2023. Saat itu PSSI sudah memastikan dua lawan dengan peringkat FIFA tinggi yang akan dihadapi. Pertama, Palestina. Kedua, Argentina.

Dalam skuad Garuda Muda yang dipimpin Indra Sjafri sebenarnya ada banyak pemain potensial yang berpeluang untuk dipromosikan ke tim senior mengikuti jejak Ernando Ari Sutaryadi, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Rizky Ridho Ramadhani, Alfeabdra Dewangga, atau Muhammad Ferrari.

Siapa saja mereka? Berikut ini 5 pemain SEA Games 2023 yang layak naik kelas ke timnas senior Garuda:

1. Fajar Fathur Rahman

Fajar Fathur Rahman menjadi pemain multifungsi selama SEA Games 2023. Awalnya, dia beroperasi sebagai fullback kanan. Kemudian, bermain sebagai fullback kiri. Puncaknya, tampil sebagai gelandang atau penyerang sayap kanan. Dan, dia menjalankan tugas dengan sangat baik lewat torehan 5 gol.

2. Irfan Jauhari

Irfan Jauhari adalah supersub di timnas U-22 selama SEA Games 2023. Oleh Indra Sjafri, pemain Persis Solo itu jarang bermain sejak menit pertama. Dirinya baru tampil di babak kedua. Tapi, hasilnya luar biasa. Jika Irfan Jauhari tidak mencetak gol di extra time melawan Thailand, mungkin saja kutukan runner-up berlanjut.

3. Komang Teguh Trisnanda

Komang Teguh Trisnanda tampil meledak-ledak di semifinal dan final SEA Games 2023. Keberanian pemain Borneo FC itu berduel mendapatkan respons positif banyak penggemar tim Merah-Putih. Meski layak membela timnas senior, satu kelemahan Komang adalah emosi yang tidak bisa dikontrol.

4. Taufany Muslihuddin

Taufany Muslihuddin adalah pahlawan kemenangan di semifinal. Golnya dari luar kotak penalti ke gawang Vietnam mengantarkan Garuda Muda bertemu Thailand. Bermain 5 kali sebagai motor serangan di lini tengah, Indra Sjafri tampaknya puas dengan penampilan pemain Borneo FC itu.

5. Ananda Raehan

Ananda Raehan adalah gelandang jangkat terbaik PSM Makassar yang ikut menjadi pahlawan juara Liga 1 2022/2023. Pemain yang dianggap sebagai penerus Samsul Chaerudin itu tampil cukup konsisten selama SEA Games 2023. Dia menjadi pemutus serangan lawan dan menjaga keseimbangan di lini tengah Garuda Muda.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network