Sebelum Argentina, Timnas Indonesia Pernah Melawan 4 Negara Kuat, Salah Satunya Uruguay

"Semoga saat menghadapi Argentina timnas Indonesia bisa memberikan perlawanan."

Feature | 25 May 2023, 08:12
Sebelum Argentina, Timnas Indonesia Pernah Melawan 4 Negara Kuat, Salah Satunya Uruguay

Libero.id - Indonesia akan kembali menjajal kekuatan negara top sepak bola ketika menjamu Argentina pada agenda FIFA Matchday, Juni mendatang.

Federasi Sepakbola Argentina (AFA) resmi mengumumkan jadwal melawan Indonesia pada FIFA Matchday September 2023 mendatang.

Seperti yang diketahui Timnas Argentina adalah negara yang berstatu juara Piala Dunia 2022. Tak sampai disitu, Tim Tango juga saat ini berada di posisi pertama ranking FIFA.

Agenda Indonesia melakoni laga melawan tim yang dipimpin Lionel Messi tentu saja akan menjadi sejarah yang luar biasa.

Meski begitu, ini bukanlah kali pertama Indonesia menghadapi tim top dari segi sepak bola.
 
Sebelumnya ada lima negara bergengsi yang pernah dilawan oleh Timnas Indonesia. Siapa saja mereka?
 
1.Denmark (1974)

Indonesia tercatat pernah melakoni laga uji coba melawan Denmark pada 9 September 1974 yang berlangsung di Idraetsparken, Kopenhagen

Dalam pertandingan itu Indonesia kalah telak 0-9. Skor itu jadi rekor kekalahan terbesar Timnas Indonesia dan baru terpecahkan pada 2011 saat Indonesia melakoni Pra Piala Dunia 2014 melawan Bahrain dan kalah 0-10.

2.Uruguay (1974 dan 2010)

Indonesia cukup sering melawan Uruguay di laga persahabatan. Garuda melawan Uruguay terjadi sebanyak tiga kali.

Rinciannya, dua kali pertandingan pada tahun 1974, dan tahun 2010 sebanyak satu kali.



Pada tahun 1974 pertandingan pertama dilaksanakan pada 19 April, dan saat itu Indonesia berhasil menang atas Uruguay dengan skor 2-1.

Namun pada pertandingan kedua, Uruguay bermain lebih serius. Jika pada pertemuan pertama mereka memainkan banyak pemain cadangan, kali ini kekuatan penuh dikerahkan.

Meski begitu, Indonesia tetap bisa memberikan perlawanan ketat. Pada laga yang digelar 21 April 1974, Uruguay cuma menang dengan skor tipis 3-2 atas Indonesia.

Kemudian pada tahun 2010 Indonesia kembali melakoni laga melawan Uruguay. Saat itu Indonesia dijadikan lumbung gol dengan skor 7-1 yang dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Nama-nama besar seperti Luis Suarez hingga Edinson Cavani bermain di laga ini.
 
3.Belanda pada 2013

Pada 7 Juni 2013 Indonesia melakoni laga persahabatan melawan Belanda yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Lagi itu menghasilkan skor 3-0 dengan keunggulan tim tamu. Pertandingan persahabatan itu cukup menjadi hiburan pencinta sepakbola dan juga pelajaran bagi Timnas Indonesia.

Apalagi Belanda menurunkan pemain terbaiknya seperti Robin Van Persie, Arjen Robben, Rafael van der Vaar hingga Welsey Sneijder.
 
4.Kamerun pada 2015

Indonesia menjadi salah satu negara yang beruntung karena bisa melawan Kamerun.
 
Seperti yang diketahui bahwa Kamerun merupakan salah satu raksasa di sepak bola Afrika. Total empat gelar juara Piala Afrika pernah dikoleksi timnas negara itu. 
 
Empat trofi juara itu diraih pada 1984, 1988, 2000, dan 2002. Ditambah lagi pencapaian yang terbilang mentereng saat mampu bertahan hingga perempat final di Piala Dunia 1990.

Pertandingan itu berlangsung pada 25 Maret 2015 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo dan Indonesia kalah dengan skor 0-1.
 
Pertandingan melawan Kamerun cukup berkesan karena itu adalah pertandingan terakhir Timnas Indonesia sebelum dijatuhi sanksi oleh FIFA.
 
Sebenarnya Timnas Indonesia juga pernah melawan Kamerun pada 24 September 2012 namun pada saat itu tidak terdaftar dalam FIFA.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network