Peringkat 5 Liga Top Eropa dari Akumulasi Harga 11 Pemain Termahal

"Liga Premier, Ligue 1, Bundesliga, Serie A atau La Liga yang menurutmu paling mahal saat ini?"

Feature | 17 September 2020, 11:44
Peringkat 5 Liga Top Eropa dari Akumulasi Harga 11 Pemain Termahal

Libero.id - Jika ada pertanyaan, liga sepakbola manakah yang terbaik saat ini? Masing-masing di antara para penggemar punya versi dan cara sendiri untuk menjawab.

Misalnya, Liga Premier dianggap yang paling kompetitif, atau La Liga secara historis memiliki tim terbaik yang pernah ada yakni Barcelona dan Real Madrid, sedangkan Ligue 1 memiliki Paris Saint-Germain.

Atau Bundesliga yang bisa dibilang yang paling rapi untuk urusan teknis, atau Serie A yang penuh dengan pemain belakang terbaik.

Tetapi jika penilaian itu dikerucutkan jadi satu titik, misal dari hasil Liga Champions dalam 3 edisi terakhir, maka yang jelas terbaca adalah: Real Madrid sebagai pemenang dari La Liga Spanyol, Liverpool sebagai  pemenang dari Liga Premier Inggris dan Bayern Muenchen sebagai pemenang dari Bundesliga Jerman.

Namun, ada satu cara lain untuk membandingkan kualitas setiap liga, dengan melihat nilai jual dan pasar dari pesepakbola terbaik yang bermain di setiap liga. Untuk melakukannya, situs olahraga Marca telah mengidentifikasi 11 pemain paling berharga di setiap liga dan mengetahui seberapa mahalnya mereka.

Dan inilah, kompetisi paling berharga, mari kita lihat satu per satu, dimulai dari urutan teratas:

1. Liga Premier Inggris - Nilai:  952,6 juta poundsterling.

Siapa yang berani menyanggah fakta bahwa Liga Primer adalah gudangnya pemain-pemain sensasional dengan kualitas papan atas? Dan setiap klub hampir pasti memiliki setidaknya 1 sampai 2 pemain yang punya nilai jual tinggi. Kompetisi yang ketat barangkali adalah satu diantara banyak penyebabnya.

Libero.id

Kredit: mancity.com

Hal ini menjadikan Liga Premier yang paling berharga jauh lebih mahal daripada liga lainnya. Deretan para pemain Liverpool dan Manchester City mendominasi, dan yang mengejutkan menurut MARCA, Raheem Sterling menjadi yang termahal dengan harga jual sekitar 128 juta poundsterling

2. La Liga Spanyol - Nilai : 725,5 juta poundsterling (Rp 14,038 triliun)

La Liga barangkali akan jadi kompetisi paling membosankan jika tak ada Real Madrid dan Barcelona, dalam dekade terakhir relatif hanya Atletico Madrid, Sevilla dan Valencia yang sesekali memberi kejutan.

Selebihnya La Liga hanya milik duo rival abadi itu. Begitu juga dengan 11 pemain dengan harga jual termahal, hampir kebanyakan diisi oleh  Barcelona, Real Madrid dan sedikit dari Atletico Madrid.

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Dan sudah pasti, Lionel Messi yang kini berusia 33 tahun masih menjadi yang termahal dengan kisaran harga 103,3 juta poundsterling.

3. Bundesliga Jerman - 646,1 juta poundsterling (Rp 12,5 triliun)

Bundesliga juga barangkali jauh lebih membosankan dari La Liga, sebab dalam daftar 11 pemain paling berharga ini, hanya 2 klub rival yang menyumbang nama. 

Bayern Munich dengan 8 pemain, yang mengejutkan tak ada nama Robert Lewandowski dalam daftar ini, mereka adalah kiper Manuel Neuer, barisan bek Pavard, David Alaba, Lucas, Davies, dan lini tengah diisi oleh Josua Kimmich, Goretzka, Sane, dan Gnabry.


Libero.id

Jadon Sancho dan Erling Haaland. Kredit: bundesliga.com

Sementara itu Borussia Dortmund diwakili Jadon Sancho dan Erling Haaland engan nilai 189 juta poundsterling untuk keduanya.

4. Serie-A Italia - 635,5 juta poundsterling

Berkebalikan dari  Bundesliga, formasi untuk pesepakbola termahal dari Serie A cukup beragam tetapi sama seperti Liga Premier, dari 11 pemain yang terpilih, hanya klub-klub papan atas yang  menyumbang pemain, dengan pembagian 4 dari Inter Milan, 3 dari Juventus, 2 dari AC Milan, 1 dari Lazio dan 1 dari Napoli.

Libero.id

Kredit: juventus.com

Dan siapa sangka, pemain dengan harga jual termahal saat ini bukan jatuh pada nama megabintang Juventus Cristiano Ronaldo atau Paulo Dybala, tetapi striker gaek milik Inter Milan, Romelu Lukaku.

5. Ligue  1 Prancis - 630,3 juta poundsterling

Libero.id

Kylian Mbappe dan Neymar. Kredit: en.psg.fr

Meski memiliki dua pemain termahal dalam sejarah sepak bola,  yakni Kylian Mbappe dan Neymar, tetapi jika diakumulasi untuk urusan 11 pemain paling berharga di Ligue 1,  kompetisi  tertinggi liga Perancis ini adalah yang paling murah di antara liga-liga utama Eropa. 

Dengan sebaran pemain 8 pesepakbola dari Paris Saint-Germain dan 3 sisanya dari Olympique Lyon.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network