6 Pemain Timnas Indonesia ini Sudah Resmi Dipanggil FIFA Matchday Lawan Argentina

"Siapa saja mereka? Inilah profilnya.."

Feature | 27 May 2023, 05:55
6 Pemain Timnas Indonesia ini Sudah Resmi Dipanggil FIFA Matchday Lawan Argentina

Libero.id - Timnas Indonesia akan mulai menggelar pemusatan latihan pada 5 Juni 2023. Ini adalah TC untuk dua pertandingan uji coba internasional dalam kalender FIFA alias FIFA Matchday. Dua lawan yang akan dihadapi pasukan Garuda adalah timnas Palestina dan timnas Argentina.

Pertandingan pertama pada tanggal 14 Juni 2023 melawan Palestina digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Laga kedua pada 19 Juni 2023 melawan Argentina dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Demi mempersiapkan tim yang kompetitif, Shin Tae-yong telah memanggil pemain-pemain terbaik Indonesia, baik lokal maupun keturunan. Entah yang berbasis di dalam negeri maupun luar negeri.

Meski belum ada pernyataan resmi dari PSSI, beberapa pemain diketahui sudah mendapatkan panggilan.

Siapa saja mereka? Berikut ini 6 pemain timnas Indonesia yang sudah dipastikan ikut menjalani FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina pada Juni 2023:

1. Ricky Kambuaya

Berdasarkan surat bernomor 1677/AGB/264/V-2023 dari PSSI kepada Persib Bandung, empat pemainnya dipastikan gabung TC bulan depan. Mereka adalah Ricky Kambuaya, Mark Klok, Rachmat Irianto, dan Edo Febriansyah. Dua gelandang, satu bek tengah merangkap gelandang, dan satu full back.

Bagi Ricky Kambuaya, ini pemanggilan yang kesekian kalinya. Sebab, pemain asal Papua itu sudah menjadi bagian dari skuad Shin Tae-yong sejak lama.

2. Mark Klok

Marc Klok tak perlu dipertanyakan lagi kemampuannya. Gelandang tengah itu tak pernah absen sejak Shin Tae-yong melatih Indonesia. Dia juga sempat ikut SEA Games 2021 dan Piala AFF 2022. Kemampuan dan pengalaman mantan pemain PSM Makassar sangat dibutuhkan Shin Tae-yong untuk meredam lini tengah La Albiceleste.

3. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto sudah menjadi andalan Shin Tae-yong ketika masih berseragam Persebaya Surabaya. Di Piala AFF 2020 perannya sangat vital dalam membantu Indonesia menjadi runner-up. Rian terus dipanggil di berbagai ajang seperti SEA Games 2021, Kualifikasi Piala Asia 2023, hingga Piala AFF 2022. Begitu pula di FIFA Matchday.

Shin Tae-yong sangat percaya dengan kemampuan Rachmat Irianto. Selain sebagai gelandang bertahan, anak LegendaPersebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro, itu juga bisa dimainkan sebagai bek tengah.

4. Edo Febriansyah

Edo Febriansyah adalah nama baru timnas dari Persib Bandung. Sebab, sebelumnya bek sayap kiri itu beratus pemain Rans Nusantara ketika memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dan beberapa laga uji coba internasional. Kemampuannya cukup bisa diandalkan di sektor kiri belakang.

5. Ivar Jenner

Ivar Jenner benar-benar beruntung proses naturalisasinya selesai sebelum kedatangan Lionel Messi dkk. Pemanggilan ini tentu saja jadi obat pelipur lara kegagalan membela Garuda Muda di Piala Dunia U-20 2023. Dengan pemanggilan yang langsung didapatkan, dan akan menghadapi Argentina, ini akan jadi kebanggaan bagi pemuda FC Utrecht tersebut.

6. Rafael Struick

Rafael Struick juga memiliki kisah yang sama dengan Ivar Jenner. Sempat kecewa karena Piala Dunia U-20 2023 batal, dirinya memutuskan tetap menjadi WNI dan ingin bermain untuk Indonesia di level internasional. Jadi, pemanggilan ke FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina menjadi penghargaan untuk kesabaran dan pengertian Rafael Struick.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network