Profil Reza Arya Pratama, Kiper PSM Makassar Geser Nadeo Argawinata di Timnas Indonesia

"Salah satu pahlawan Juku Eja di Liga 1 2022/2023. Siapa dia?"

Biografi | 27 May 2023, 18:26
Profil Reza Arya Pratama, Kiper PSM Makassar Geser Nadeo Argawinata di Timnas Indonesia

Libero.id - Shin Tae-yong telah memanggil 26 pemain timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina. Uniknya, ada 5 pemain yang akan menjalani debut. Empat di antaranya pemain naturalisasi, dan satu pesepakbola klub loka. Dia adalah Reza Arya Pratama dari PSM Makassar.

Untuk menghadapi pertandingan internasional dalam kalender FIFA edisi Juni 2023, Shin Tae-yong telah mengumumkan nama-nama pemain yang terlibat.

Di bawah mistar gawang, ada Syahrul Trisna dari Persikabo 1973, Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya), dan Reza Arya Pratama (PSM Makassar). Kemudian di posisi bek, terdapat Fachruddin Aryanto (Madura United), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons).

Ada lagi Rizky Ridho (Persija Jakarta), Elkan Baggott (Ipswich Town), Edo Febriansah (Persib Bandung), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Andy Setyo (Persikabo 1973), Yance Sayuri (PSM Makassar), Sandy Walsh (KV Mechelen), serta Shayne Pattynama (Viking VK).

Untuk lini tengah, Shin Tae-yong memanggil Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Saddil Ramdani (Sabah FC), Marc Klok (Persib Bandung), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Yakob Sayuri (PSM Makassar), dan Ivar Jenner (Jong Utrecht).

Sedangkan di depan, ada Stefano Lilipaly (Borneo FC), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Dimas Drajad (Persikabo 1973), serta Rafael Struick (ADO Den Haag).

Selain pemain-pemain keturunan yang baru bergabung kali ini, satu debutan lain yang layak disimak adalah Reza Arya Pratama. Pemilik nama lengkap Muhammad Reza Arya Pratama itu lahir di Parepare, 18 Mei 2000. Dalam lima musim terakhir, dirinya tercatat sebagai penjaga gawang Juku Eja di Liga 1.

Karier Reza Arya Pratama dimulai pada 2015 saat menjadi siswa PPLP Sulawesi Selatan. Kemudian, membela Mattombong FC sebelum akhirnya gabung ke tim junior PSM Makassar pada 2017.

Pada Liga 1 2019, Reza Arya Pratama dimasukkan ke skuad utama PSM Makassar. Tapi, dia harus 3 tahun untuk menjalani debut profesional. Sejarah itu tercipta pada 23 Juli 2022 ketika menghadapi PSS Sleman. Selanjutnya, Bernardo Tavares memberi Reza Arya Pratama kepercayaan menjadi kiper utama.

Catatan Reza Arya Pratama sepanjang musim 2022/2023 layak dibanggakan. Dia bermain 33 dari 34 pertandingan Juku Eja di Liga 1. Dirinya juga merumput 4 kali di Piala AFC. Hasilnya, PSM Makassar menjuarai Liga 1 2022/2023 dan Reza Arya Pratama dinobatkan sebagai Kiper Terbaik versi APPI.

Kini, tantangan baru dijalani Reza Arya Pratama. Dia menjadi satu dari dua kiper timnas Garuda untuk laga melawan Palestina dan Argentina. Dirinya menggantikan Nadeo Argawinata yang mengalami penurunan performa.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network