Skenario Final Piala AFF U-23, Timnya Issara Sritaro vs Timnas Indonesia U-23 Lagi?

"Kali ini Thailand yang jadi tuan rumah."

Analisis | 31 May 2023, 09:00
Skenario Final Piala AFF U-23, Timnya Issara Sritaro vs Timnas Indonesia U-23 Lagi?

Libero.id - Piala AFF U-23 kembali digelar di tengah padatnya agenda sepakbola antarnegara. Pada turnamen di Chonburi itu, timnas Thailand U-23 diskenariokan bertemu timnas Indonesia U-23 di final berdasarkan hasil drawing dan bagan fase knock-out yang disusun Federasi Sepakbola ASEAN (AFF).

Sebelum Kualifikasi Piala AFC U-23 2024 digelar pada 4-12 September 2023, Piala AFF U-23 2023 akan diselenggarakan pada 17-26 Agustus 2023.

Di atas kertas, Piala AFF U-23 2023 akan menjadi pemanasan yang pantas untuk Kualifikasi Piala AFC U-23 2024. Tapi, jika melihat apa yang terjadi pada final SEA Games 2023 di Kamboja, bisa dipastikan Piala AFF U-23 akan menjadi pertandingan dengan tensi tinggi.

Sebagai tuan rumah, Thailand asuhan Issara Sritaro akan membalas kekalahan menyakitkan di final SEA Games. Apalagi, kekalahan itu diwarnai insiden kekerasan yang berujung hukuman kepada beberapa personel tim Gajah Perang.

Momen bagi Thailand untuk membalas kekalahan dari Indonesia terbuka karena potensi pertemuan kedua negara terjadi di final. Berdasarkan hasil undian yang sudah dilakukan, Thailand masuk Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Kemudian, Indonesia ada di Grup B melawan Malaysia dan Timor Leste. Untuk Grup C terdapat Vietnam, Filipina, dan Laos. 

Nantinya, Juara Grup A akan bertemu runner-up terbaik. Sementara juara Grup B jumpa juara Grup C. Artinya, jika Indonesia dan Thailand sama-sama memuncaki klasemen akhir fase grup, mereka akan terhindar di semifinal. Jika sama-sama menang di semifinal, Indonesia dan Thailand akan berduel di final.

Potensi ke arah itu terbuka. Sebab, Thailand diyakini akan bisa menjuarai Grup A. Sementara Indonesia memiliki peluang sangat besar mengalahkan Malaysia di Grup B maupun kemungkinan Vietnam di semifinal. 

Jadi, kita lihat saja nanti akan sejauh mana Indonesia dan Thailand melangkah pada Piala AFF U-23 2023.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network