Tak Mau Kalah, Rival Indonesia di Piala Asia 2023 Tantang Timnas Jerman

"Pertandingan yang sangat menarik sebalum Piala Asia."

Analisis | 31 May 2023, 14:45
Tak Mau Kalah, Rival Indonesia di Piala Asia 2023 Tantang Timnas Jerman

Libero.id - Keputusan PSSI menggelar pertandingan uji coba internasional dalam kalender FIFA melawan timnas Argentina ternyata memancing salah satu rival timnas Indonesia di Piala Asia 2023, timnas Jepang. Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA) memutuskan menjajal kekuatan timnas Jerman.

Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar pada awal tahun depan. Dan, berdasarkan undian yang telah dilakukan, Indonesia akan bergabung dengan Jepang, Vietnam, dan Irak.

Untuk mempersiapkan skuad secara maksimal sebelum turnamen diselenggarakan, para peserta menggelar serentetan FIFA Matchday. Lawan berat maupun ringan dirancang. Contohnya, pada FIFA Matchday edisi Juni 2023 dengan kedatangan Palestina dan Argentina ke Indonesia.

Tidak hanya Indonesia, rival lain juga menggelar pertandingan uji coba. Bahkan, pada FIFA Matchday edisi September 2023, Samurai Biru mengagendakan pertandingan melawan Der Panzer di Wolfsburg.

Itu akan menjadi ulangan pertandingan Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, 23 November 2022. Saat itu, Jepang secara luar biasa mengalahkan Jerman 2-1. Sempat tertinggal melalui penalti Ilkay Guendogan ada menit 33, Jepang bangkit di babak kedua.

Secara ajaib, Ritsu Doan (75) menyamakan kedudukan. Kemudian, Takuma Asano (83) membuat Samurai Blue menang 2-1.

Pada akhirnya, Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Spanyol untuk melaju ke babak 16 besar. Tapi, di fase knock-out, pasukan Hajime Moriyasu dihentikan Kroasia melalui adu penalti 1-3 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Sebaliknya, Der Panzer gagal secara menyakitkan setelah dikalahkan Jepang dan bermain imbang dengan Spanyol.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network