Profil Song Ui-young, Pemain Naturalisasi Singapura Personel Baru Persebaya

"Dia cetak gol lawan Indonesia di Piala AFF 2020. Masih ingat?"

Biografi | 05 June 2023, 06:41
Profil Song Ui-young, Pemain Naturalisasi Singapura Personel Baru Persebaya

Libero.id - Persebaya Surabaya secara resmi memperkenalkan pemain ASEAN untuk mengarungi Liga Indonesia 2023/2024. Dia adalah Song Ui-young, pemain nasional Singapura naturalisasi Korea Selatan.

Menurut Song Ui-young, tawaran untuk bermain di luar Singapura selalu menarik. Buktinya, dia memilih meninggalkan zona nyaman untuk membela Nongbua Pitchaya di Thai League 1 musim lalu, meski hanya setengah musim. Kali ini, dia kembali bermain di luar negeri dengan membela Persebaya Surabaya.

"Animo suporter membuat saya tertarik bermain di Persebaya. Saya dapat info dari agen dan teman-teman tentang tim ini. Saya bicara dengan pemain-pemain Korea dan Singapura yang pernah main di Indonesia. Saya senang bisa bermain dengan Persebaya," kata Song Ui-young kepada media.

Song Ui-young menyebut Indonesia merupakan negara kuat di sepakbola. Sebab, dirinya punya banyak pengalaman bermain melawan klub maupun timnas Indonesia.

"Saya pernah bertanding dengan Persija pada 2018. Lalu, timnas Singapura. Dari situ saya menyadari timnas Indonesia kuat. Target saya adalah ke target klub. Kalau pribadi, saya selalu usahakan yang terbaik dan bisa main jauh lebih baik," ungkap Song Ui-young.

"Dengan banyaknya pendukung Persebaya, saya pikir saya bisa menikmatinya. Sebagai pemain profesional, tekanan itu wajar. Tapi, saya jadikan sebagai tenaga dan saling mendukung agar bisa bermain bagus," beber mantan pemain Lion City Sailors.

Bagi Singapura, Song Ui-young adalah sosok kunci di lini tengah tim nasional. Lahir di Incheon, 8 November 1993, dia memulai karier sepakbola dari Cheong Wang Middle School. Lalu, berlanjut ke Yeouido High School.

Setelah lulus SMA, Song Ui-young merantau ke Singapura untuk bergabung dengan Lee Lim-saeng di Home United. Song Ui-young memulai dari tim junior klub yang kini berganti nama menjadi Lion City Sailors.

Tampil bagus bersama Home United maupun Lion City Sailors, Song Ui-young menerima kewarganegaraan Singapura melalui proses naturalisasi pada 27 Agustus 2021. Lalu, pada 11 November 2021, dia melakukan debut internasional dalam pertandingan persahabatan melawan Kyrgyzstan.

Karier terus menanjak, dan pada 5 Desember 2021, Song Ui-young melakukan debut kompetitif di Piala AFF 2020 dalam kemenangan 3-0 melawan Myanmar. Uniknya, gol pertama Song Ui-young tercipta melawan timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

Selepas Piala AFF 2020, Song Ui-young terus menjadi pilihan Singapura di sektor tengah. Dirinya juga tampil di Piala AFF 2022 maupun sejumlah FIFA Matchday. Hingga sekarang, dia punya 16 caps dan 3 gol untuk The Lions.

Sementara di level klub, Song Ui-young berhasil menjuarai Liga Premier Singapura 2021 dan 2022. Kemudian, menjadi runner-up 2013 dan 2018. Ada lagi Piala Singapura 2013 dan runner-up 2014 serta 2015. Terakhir, memenangkan Singapore Community Shield 2019 dan 2022.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network