Hadapi Argentina, 5 Pemain Ini Siap Melakoni Debut Bersama Timnas Indonesia, Salah Satunya Rekan Marselino

"Shin Tae-yong akan menggabungkan kemampuan pemain asli dan keturunan..."

Feature | 05 June 2023, 14:53
Hadapi Argentina, 5 Pemain Ini Siap Melakoni Debut Bersama Timnas Indonesia, Salah Satunya Rekan Marselino

Libero.id - Daftar 5 pemain debutan Timnas Indonesiadi FIFA Matchday 2023 menarik untuk diulas kali ini. Skuad Merah Putih akan melawan dua tim pada Juni ini yakni Timnas Palestina (14/6/2023) dan Argentina (19/6/2023).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah memanggil 26 pemain terbaiknya untuk melakoni dua laga FIFA Matchday 2023 tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu memasukkan delapan pemain naturalisasi ke dalam skuadnya.

Namun Shin Tae-yong tidak mendaftarkan pemain-pemain langganan masuk skuad Timnas Indonesia seperti Nadeo Argawinata, Egy Maulana Vikri dan pencetak dua gol di laga final SEA Games 2023, Ramadhan Sananta.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut lebih memilih memasukkan nama-nama debutan. Siapa saja mereka? Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan daftar 5 pemain debutan Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2023;

Pemain Debutan Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2023:

5.Rafael Struick

Daftar 5 pemain debutan Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2023 kita awali dari nama Rafael Struick. Pemain yang mendapatkan darah Indonesia dari sang nenek itu merampungkan proses naturalisasinya pada Mei 2023 lalu.

Struick sempat masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia U-20 yang berlaga di uji coba melawan Slovakia U-20. Meskipun mencetak satu gol di laga itu, pemain ADO Den Haag itu tidak mampu mempersembahkan kemenangan untuk skuad Garuda Muda dan harus kalah 1-2.

4.Ivar Jenner

Bersama Rafael Struick, Ivan Jenner juga baru menyelesaikan proses naturalisasinya. Gelandang FC Utrecht U-21 itu sempat diproyeksikan masuk skuad Timnas Indonesia U-20 yang berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Namun pada akhirnya Ivar gagal tampil di ajang sepakbola kelompok umur tersebut. Sebelumnya pemain yang mendapatkan darah keturunan dari sang nenek yang berasal dari Jember itu sempat turun di laga ujicoba Timnas Belanda U-15 vs Belgia U-15, pada Maret 2019.

3.Shayne Pattynama

Satu pemain naturalisasi yang akan menjalani laga debut di Timnas Indonesia ialah Shayne Pattynama. Bek sayap berusia 24 tahun itu kini tengah berkarier di Liga Norwegia bersama Viking FK.

Menurut transfermarkt, Shayne belum sekalipun memperkuat Timnas Indonesia di ajang intenasional. Mantan pemain Telstar FC itu sempat berpeluang debut di laga kontra Burundi pada Maret 2022 lalu.

Namun sayang ia akhirnya gagal tampil lantaran proses perpindahan dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia) yang belum selesai.

2.Reza Arya Pratama

Reza Arya Pratama merupakan salah satu debutan satu-satunya pemain lokal yang akan melakoni laga debut di Timnas Indonesia pada FIFA Matchday 2023. Sebelumnya kiper kelahiran Parepare ini mampu antarkan PSM Makassar juara Liga 1 2022-2023.

Penampilan apiknya di skuad Juku Eja membuat Shin Tae-yong memasukkan nama Reza di daftar skuadnya. Di musim 2022-2023, kiper berusia 23 tahun itu mencatatkan 14 kali clean sheets alias nirbobol dan 25 kali kemasukkan dari 33 laga.

1.Sandy Walsh

Sandy Walsh merampungkan proses naturalisasinya bersamaan dengan Jordi Amat pada November 2022. Ia pun sempat berkesempatan melakoni laga debutnya bersama skuad Merah Putih pada Piala AFF 2022.

Namun rencana itu akhirnya batal terlaksana sebab pihak klub, KV Mechelen tidak mengizinkan pemain berusia 28 tahun itu tampil di ajang non FIFA tersebut. Sandy Walsh berpeluang tampil di dua laga FIFA Matchday 2023 kontra Palestina dan Argentina. 

Demikian ulasan mengenai daftar 5 pemain debutan Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2023. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network