Lama Dinanti, Akhirnya Thom Haye Buka Peluang Jadi WNI Berkat Saran Sandy Walsh

"Wah makin solid dan kuat ini timnas Indonesia ?"

Berita | 06 June 2023, 12:16
Lama Dinanti, Akhirnya Thom Haye Buka Peluang Jadi WNI Berkat Saran Sandy Walsh

Libero.id - Berkat Sandy Walsh, Thom Haye berpotensi dinaturalisasi dan perkuat Timnas Indonesiadi Piala Asia 2023. Sebab, keduanya pernah menjadi rekan setim di Timnas Belanda U-17 saat menjadi juara Piala Eropa U-17 2012 silam.

Rumor mengenai proses naturalisasi pemain keturunan terus berlanjut belakangan. Kini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dikabarkan sedang mencari seorang pemain keturunan Grade A.

Hal ini demi meningkatkan kekuatan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023. Ajang tersebut bakal digelar di Qatar pada Januari hingga Februari 2024.

Ada beberapa yang masuk pantauan, seperti Ragnar Oratmangoen dan Jay Idzes. Thom Haye juga disebut-sebut masuk dalam pantauan PSSI.

Dia merupakan seorang gelandang bertahan yang membela tim asal Belanda, Heerenveen. Pemain berusia 28 tahun itu berpotensi menjadi sosok berikutnya yang dinaturalisasi, mengikuti jejak eks rekan setimnya, Sandy Walsh.

Diketahui, Thom Haye dan Sandy Walsh pernah bahu-membahu dalam membantu Timnas Belanda U-17 meraih gelar juara Piala Eropa U-17 2012 silam. Pada saat itu, Haye dan Walsh sama-sama baru berusia 17 tahun.

Belanda mengecap hasil manis di kejuaraan tersebut dan Haye berkontribusi dengan mencetak sebuah gol di sebuah partai semifinal. Kala itu, Belanda U-17 mengalahkan Georgia U-17 dengan skor 2-0.

Di final, Timnas Belanda U-17 bertemu Jerman U-17 yang diperkuat oleh Leon Goretzka dan Timo Werner. Haye bermain penuh dalam laga yang berakhir dengan adu penalti dalam skor 5-4 setelah imbang 1-1 selama 120 menit tersebut.

Kini, hampir sembilan tahun berselang, Haye dan Walsh berpotensi menjadi rekan setim lagi. Namun, kali ini untuk Timnas Indonesia, yang hendak melakoni Piala Asia 2023 pada Januari 2024 mendatang.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network